Yang Harus Dilakukan Ketika Hamil Anak Kembar

0
662
Foto : Pixabay Itjeher.com
Foto : Pixabay Itjeher.com

Hamil anak kembar jadi anugerah yang istimewa, sekaligus diikuti dengan berbagai tantangan yang agak berbeda. Dibanding dengan membawa satu janin di dalam kandungan, ibu bayi kembar seringkali memiliki risiko kesehatan yang lebih tinggi.

Beberapa yang harus jadi perhatian ketika hamil anak kembar adalah rasa lelah yang lebih mudah menyerang, hingga rasa mual di pagi hari yang lebih berat karena jumlah human chorionic gonadotropin (hCG) yang lebih tinggi.

Sementara, untuk mempersiapkan kelahiran, ada juga beberapa masalah yang harus diwaspadai diantaranya potensi gangguan plasenta, berat badan lahir rendah, hingga kelahiran prematur.

BACA JUGA :

Kain tenun Sikka yang Menarik Perhatian

Reaksi Beragam Penonton Usai Menonton Joker

Pilihan Lip Gloss Lokal untuk Berbagai Kesempatan

Walau demikian, rasa bahagia memiliki anak kembar tentu juga berlipat ganda. Betapapun kehamilan yang dirasa lebih berat, jaga kesehatan dengan cermat agar masa kehamilan dapat dijalani dengan bahagia.

Simak tipsnya!

  • Makanan dengan nutrisi lebih

Jika hamil dengan satu janin saja membutuhkan 300 kalori per hari, maka hamil anak kembar membutuhkan 600 kalori dalam sehari. Cermati nutrisi yang masuk, jangan asal makan yang banyak tanpa peduli dengan kandungannya. Konsultasikan dengan dokter daftar makanan yang direkomendasikan.

  • Kontrol kehamilan

Setiap kehamilan memang wajib diperiksakan di dokter kandungan, namun untuk ibu yang hamil anak kembar disarankan untuk melakukan pemeriksaan darah secara lebih berkala karena lebih tinggi kemungkinan terkena anemia.

  • Olahraga yang sesuai

Karena lebih melelahkan, ketika hamil anak kembar justru wajib berolahraga rutin untuk menjaga kesehatan. Pilih yang sesuai seperti berenang, peregangan, latihan kegel, yoga, hingga pilates. Yang terpenting konsultasikan ke dokter kandungan sebelum melakukan olahraga apapun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here