Peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia

0
1058

10 Oktober diperingari sebagai Hari Kesehatan Jiwa Sedunia atau World Mental Health Day. Sebagai sebuah isu yang akhir-akhir ini terus dibahas, kesehatan mental menjadi salah satu topik yang dulu dianggap tabu namun kini dinilai paling penting untuk ditangani.

Gangguan mental memiliki beragam tipe, mulai dari yang ringan hingga depresi sampai percobaan bunuh diri. Banyak orang yang masih belum mau mengakui jika mereka mengalami mental yang tidak sehat, padahal hal ini yang wajib ditangani sejak dini.

BACA JUGA:

Buah yang Wajib Dikonsumsi Ketika Datang Bulan

Tanda-Tanda Produk Skincare Tidak Cocok di Kulit

“Penyebab seorang individu mencoba melakukan upaya bunuh diri yang terbanyak adalah simtom depresi. Oleh karena itu, masyarakat harus mampu melakukan upaya pencegahan kalau ada anggota keluarga mengalami gejala-gejala depresi,” kata dokter spesialis kedokteran jiwa, Agung Frijanto di Kementerian Kesehatan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia.

Data global menunjukkan setiap tahunnya lebih dari 800 ribu orang meninggal dunia karena bunuh diri atau setara dengan satu kematian setiap 40 detik. Maka itu, kesehatan mental semakin fokus didalami oleh industri kesehatan, dan wajib didiagnosa sejak dini.

Secara garis besari, gejala depresi ditandai dengan munculnya rasa sedih berlarut-larut, apatis, tidak bersemangat, hingga mengisolasi diri. Mereka juga sering berperilaku rendah diri, daya ingat menurun, ragu-ragu, hingga percobaan bunuh diri. Mereka juga mengalami gangguan tidur, gangguan nafsu makan, dan mudah lelah.

Jika orang di sekitar kamu mengalami hal-hal tersebut, segera bantu mereka untuk mencari pertolongan medis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here