Makanan yang Paling Banyak Menyebabkan Tubuh Obesitas

0
1576
Berat Badan. Itjeher.com
Berat Badan. Itjeher.com

Dalam rangka Hari Obesitas Sedunia hari ini banyak yang mengangkat obesitas sebagai salah satu topik penting. Apalagi menurut data, kasus obesitas di Indonesia setiap tahun semakin bertambah, membuat masalah kesehatan ini wajib dihadapi dengan serius.

Di dalam data tahun 2018, prevalensi obesitas pada orang dewasa di atas 18 tahun mencapai 21,8 persen. Angka ini melonjak drastis dari 14,8 persen pada Riskesdas 2013 dan 10,5 persen pada Riskesdas 2007.

BACA JUGA:

Sabun Cair dari Kunyit aman Membersihkan Buah dan Sayur

Alis Rapi dengan Perawatan Threading di ItjeHer Salon

Melihat data tersebut, banyak orang harus semakin waspada dalam memilih makanan, terutama orang yang sudah masuk kategori kelebihan berat badan. Apalagi obesitas memiliki kemungkinan besar terkena penyakit berbahaya seperti diabetes dan jantung. Apa saja makanan yang harus dihindari?

Gorengan

Tak hanya menambah berat badan, makanan yang digoreng juga meningkatkan kadar kolesterol pada tubuh. Dalam sebuah penelitian, serangan jantung pada usia dini juga menjadi salah satu risiko terlalu banyak mengonsumsi makanan yang digoreng.

Minuman dan makanan manis

Makanan dan minuman dengan kandungan gula yang tinggi bisa mengubah hormon dan biokimia dalam tubuh, yang pada gilirannya berkontribusi terhadap penambahan berat badan. Maka itu wajib untuk menjaga asupan gula untuk menghindari berat badan melonjak.

Makanan yang diolah

Sejumlah ilmuwan meyakini bahwa makanan olahan jadi salah satu penyebab utama epidemi obesitas. Para peneliti menyebut, makanan olahan mengandung kalori yang padat dengan kandungan air yang lebih sedikit. Hal itu membuat orang yang mengonsumsinya akan merasa kurang puas.

Soda

Selain minuman manis, soda juga patut dihindari. Di dalam minuman soda, terdapat kandungan gula dan kalori yang tinggi. Maka itu minuman yang satu ini juga wajib dihindari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here