Yang Perlu Diketahui Jika Orang Dewasa Mengalami Alergi Telur

0
869
Foto : Pexels.com Itjeher.comFoto : Pexels.com Itjeher.com
Foto : Pexels.com Itjeher.com

Walau lebih banyak dialami oleh anak-anak, bukan berarti orang dewasa tidak dapat terkena alergi telur. Sistem kekebalan tubuh yang sensitif dalam merespons protein telur menjadi alasan untuk mengalami alergi ini.

Memiliki alergi telur di usia dewasa memang tak mudah, mengingat betapa banyaknya olahan makanan yang tidak terbebas dari telur. Sementara jika dibiarkan, tubuh sangat berpotensi memberi reaksi alergi yang bermacam-macam dan dapat berbahaya.

Beberapa gejala yang menunjukkan adanya alergi ini adalah timbulnya rasa gatal di sekitar lipatan tubuh, pembengkakan bibir, kelopak mata, lidah, penyempitan tenggorokan, demam, mata berair, hidung gatal hingga sesak nafas dan radang selaput lendir.

BACA JUGA :

Diana Rikasari Berbicara Soal Autisme Lewat Karya

Birkenstock Luncurkan Produk Perawatan Kulit

Kain Tradisional dari Sulawesi Tengah terbuat dari Kayu

Walau cara paling pasti untuk mengatasi penyakit ini adalah dengan menghindari makanan apapun yang mengandung telur, namun jika tak terhindarkan maka penderita dapat mengonsumsi obat antihistamin. Obat ini akan memblokir zat histamine yang diproduksi tubuh.

Reaksi toleransi terhadap protein yang dialami oleh penderita alergi telur adalah dengan melakukan imunoterapi atau desensitisasi. Pengobatan dengan cara ini menghadirkan zat alergen pada sistem kekebalan tubuh secara berulang sedikit demi sedikit untuk membuat tubuh beradaptasi dengan alergi yang dialami menjadi lebih terbiasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here