Foto : Pexels.com Itjeher.com
Foto : Pexels.com Itjeher.com

Mengenal Macam-macam Terapi untuk Menjaga Kesehatan Mental

Kesehatan mental jadi isu yang paling dibicarakan akhir-akhir ini. Dari mulai perhatian yang tercurah pada film Joker, kasus bunuh diri idol Korea, hingga peringatannya yang jatuh pada bulan Oktober jadi bukti bahwa masalah mulai ini ditanggapi dengan serius oleh semua orang.

Dengan banyaknya masalah kesehatan mental yang dibicarakan, kepedulian terhadap cara mengatasinya juga jadi lebih terbuka. Banyak yang tak ragu meminta bantuan ahli untuk mengatasi keluar dari masalah.

Salah satu cara yang apat ditempuh adalah dengan terapi. Tapi tentu saja kata terapi sendiri terlalu umum untuk berbagai masalah yang beragam dan lebih spesifik.

BACA JUGA :

Menyapa Binatang Purba di Dinosaurs Adventure Park

Ekstensi Bulu Mata yang Natural dan Lembut di Salon Itjeher

Koleksi Gloria Agatha Terbaru yang Ramah Lingkungan

Kenali 3 diantaranya bagi yang sedang mencari alternatif!

  1. Terapi Perkawinan dan Terapi Keluarga

Terapi ini ditujukan untuk hubungan keluarga dalam pernikahan diantara suami istri maupun orang tua dengan anggota keluarga. Menghadiri terapi perkawinan dan terapi keluarga bukan berarti sedang memiliki masalah yang genting, tapi bisa jadi signal untuk memperbaiki hubungan jadi lebih baik.

  1. Terapi Perilaku Kognitif

Terapi ini dilakukan untuk gangguan kesehatan mental yang luas seperti depresi, fobia, hingga obsessive compulsive disorder (OCD). Metodologinya berorientasi pada hasil, untuk membantu penderita memahami bagaimana pikiran dapat menentukan perilaku.

  1. Terapi Perilaku Dialektis

Penderita kesehatan mental yang tak mampu berpikir positif sama sekali dapat mengatasinya lewat terapi ini. Di dalam prakteknya, terapi akan mengajarkan cara mengelola emosi yang menyakitkan dan menerima emosi negatif tanpa melarikan diri.

More Stories
Orangtua yang Fasih Berbahasa Lebih Mudah Mengajarkan Anak Membaca