Simak Bahaya Membersihkan Telinga Dengan Cotton Bud

0
397

Jika berbicara kebersihan telinga, cotton bud menjadi salah satu benda andalan yang dianggap telah menjamin kebersihan area pendengaran kita. Padahal, ternyata sebagian besar ahli kesehatan dan dokter profesional tidak menyarankan penggunaan benda ini, kenapa?

Bentuk cotton bud yang menyerupai stik panjang memang bisa membuat kotoran tertarik keluar lubang telinga. Namun, tidak sedikit juga kotoran telinga yang terdorong semakin dalam dan bahkan semakin tidak terjangkau untuk dibersihkan sendiri.

BACA JUGA:

Berkenalan dengan Jesica Fitriana Martasari yang Mengikuti Ajang Miss Supranational 2019

Cushion Foundation Terbaru dari Lakme Untuk Tampil Prima Seharian

Kotoran yang terdorong semakin dalam tersebut lama-kelamaan menumpuk di dalam telinga, yang membuat rasa sakit hingga gangguan pendengaran. Sebenarnya, benda apa saja yang masuk ke dalam telinga dapat membahayakan kesehatan telinga. Gendang telinga adalah bagian paling vital yang mempunyai tekstur halus dan lembut, yang membuat alat vital ini rentan robek jika bergesekan dengan benda asing.

Jika cotton bud terkena dengan gendang telinga, bisa membuat gendang telinga robek yang bisa membuat gangguan pendengaran sementara hingga permanen. Jadi sebaiknya bagaimana metode paling aman saat membersihkan telinga?

Area pendengaran sebenarnya sudah memiliki proses alami membersihkan kotoran di dalamnya. Ketika gerakan rahang berbicara, makan, hingga menguap, membantu kotoran dari lubang telinga keluar dengan sendirinya.

Sedangkan jika kotoran telinga yang sudah menumpuk semakin dalam hingga memberi gangguan pendengaran, sebaiknya melakukan konsultasi dan pembersihan secara klinis ke dokter THT. Kamu juga bisa membeli obat tetes telinga yang dijual bebas untuk melunakkan kotoran telinga agar bisa keluar secara alami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here