Bersepeda Bisa Bikin Hidup Lebih Bahagia

0
528
Sepeda, Foto: Pixabay. Itjeher.com
Sepeda, Foto: Pixabay. Itjeher.com

Salah satu olahraga yang banyak diminati orang-orang adalah bersepeda. Selain untuk olahraga, banyak orang yang juga memilih sepeda sebagai pilihan transportasi yang ramah lingkungan dan juga membuat tubuh lebih sehat.

Namun tahu kah kamu, bahwa bersepeda juga bisa membuat hidup lebih bahagia? Hal ini ditemukan oleh sebuah studi yang meneliti adanya kaitan antara perasaan emosi dan pilihan moda transportasi. Dan penelitian ini menemukan bahwa orang yang paling bahagia adalah mereka yang memilih moda transportasi sepeda.

BACA JUGA:

Menikmati Hidup Pedesaan Lewat Youtuber Asal Tiongkok

Apakah Sheet Mask Bisa Digunakan Tiap Hari?

Dalam studi tersebut para peneliti menemukan bahwa suasana hati terbaik muncul pada orang-orang yang bersepeda. Mereka juga sangat semangat dan antusias tiap kali bersepeda, dan perasaan ini tidak ditemukan oleh para pengguna moda transportasi lain.

Seperti yang kita tahu berolahraga memang menghasilkan hormon yang bisa memberikan perasaan bahagia. Saat bersepeda, kadar serotonin dan dopamin pada otak akan meningkat. Keduanya merupakan bahan kimia yang bertanggung jawab ‘memproduksi’ perasaan bahagia. Tak hanya itu, para ilmuwan juga menemukan bahwa tubuh memproduksi endorfin saat bersepeda. Endorfin merupakan zat kimia dalam tubuh yang memicu rasa tenang dan bahagia.

Mungkin karena itu, orang yang memilih moda transportasi ini lebih bahagia dibandingkan orang yang beraktivitas dengan jenis transportasi lain.

Sedangkan emosi yang negatif ditemukan bagi masyarakat yang memilih bus dan kereta. Hal ini bisa jadi disebabkan karena keduanya merupakan transportasi massal yang terkadang menimbulkan pengalaman buruk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here