Menyoroti Isu Stunting dan Penderita TB di Hari Kesehatan Nasional

0
421
Foto : Pixabay.com Itjeher.com
Foto : Pixabay.com Itjeher.com

Hari Kesehatan Nasional yang diperingati setiap tanggal 12 November telah dimulai sejak era 50an ketika Indonesia terjangkit wabah malaria yang mematikan. Saat itu pemerintah berusaha membasmi dan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat untuk lebih baik lagi.

Beranjak ke tahun-tahun berikutnya, tentu saja isu kesehatan di Indonesia semakin beragam. Di Hari Kesehatan Nasional 2019 ini, Kementrian Kesehatan berusaha memfokuskan pada tema Generasi Sehat Indonesia Unggul. Dalam hal ini yang disoroti secara khusus adalah masalah stunting pada anak Indonesia.

Stunting yang merupakan masalah kesehatan yang menimpa seseorang berupa gizi kronis akibat asupan gizi yang bermasalah dalam waktu lama.

BACA JUGA :

Perawatan Untuk Pria ada di Barbershop Itjeher

Apakah Zodiak Kamu yang Termasuk Memiliki Sifat Percaya Diri ?

Koleksi Gucci Manifesto tampil di Pembukaan Butiknya di Plaza Senayan

Banyak yang menyamaratakan masalah ini dengan gizi buruk yang biasanya diderita oleh anak-anak yang kekurangan akses sanitasi dan makanan sehat di pedalaman. Sayangnya, stunting juga bisa disebabkan oleh faktor kecil yang berkepanjangan. Seperti terinveksi virus TB atau tuberkulosis.

Masalahnya, saat anak balita terpapar penyakit ini, nafsu makan akan menurun drastis hingga asupan gizi yang seharusnya didapat di masa pertumbuhan tidak terpenuhi.

Masalah ini sering disampaikan dr. Meta Hanindita lewat seri buku mommyclopedia yang ditulisnya. Stunting erat kaitannya dengan pertumbuhan tinggi dan berat badan anak yang tidak sesuai kurva menuju sehat. Sementara ketika mengidap TB berat badan dan tinggi badan sulit naik.

Walau tetap harus diwaspadai, berita baiknya menurut Kementrian Kesehatan di Hari Kesehatan Nasional ini penyakit TB semakin menurun jumlahnya dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Ini menjadi tanda mulai tanggapnya pemerintah dalam penanganan penyakit ini dan mulai teredukasinya orangtua dari bahaya stunting dan TB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here