Alasan Mengapa Stres Menyebabkan Sakit yang Beragam

0
324
Foto : Pexels Itjeher.com
Foto : Pexels Itjeher.com

Bukan rahasia lagi jika stres menyebabkan sakit. Karenanya, ungkapan “Di dalam jiwa yang sehat terdapat tubuh yang kuat” jadi yang paling tepat menggambarkan jika masalah kejiwaan sangat mempengaruhi kesehatan tubuh.

Selain membuat perasaan emosional terganggu, stres menyebabkan sakit secara raga.

Ini adalah beberapa penyakit yang disebabkan oleh stres berlebihan, dan alasan mengapa stres terhubung dengan penyakit tersebut!

  1. Penyakit jantung

Orang yang lebih mudah stres, lebih mudah pula mengalami tekanan darah tinggi dan masalah jantung. Stres berpengaruh pada detak jantuh dan aliran darah secara langsung, menyebabkan kolestrol dalam darah melonjak.

BACA JUGA :

Zodiak-Zodiak Ini Terkenal Paling Cemburuan

Eksplorasi Tenun NTB Untuk Industri Busana Muslim

Ini Cara Menggunakan Skuter Listrik yang Benar !

  1. Asthma

Stres dapat memperburuk penyakit asthma. Terutama bagi orangtua yang mengalami masalah stres yang cukup akut, berpotensi juga menurunkan asthma pada anak-anaknya.

  1. Obesitas

Kelebihan lemak di perut memiliki resiko kesehatan yang lebih buruk daripada lemak di kaki atau di panggul. Sayangnya, orang yang mengalami stres kebanyakan menumpuk lemak di perut. Hal ini disebabkan stress meningkatkan hormon kortisol yang menumpuk di abdomen.

  1. Diabetes

Stres berpengaruh pada diabetes dengan cara tidak langsung. Orang yang stres cenderung memiliki gaya makan buruk bahkan sering mengonsumsi alkohol. Selain itu stress juga meningkatkan level glukosa bagi penderita diabetes tipe 2 secara langsung.

  1. Sakit Kepala

Masalah yang paling umum dihadapi adalah stres menyebabkan sakit kepala. Tekanan yang berlebihan pada bagian kepala dan tengkuk tak hanya membuatnya sakit biasa, namun bisa lebih parah menjadi migraine.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here