Waspada Hal yang Paling Umum dari Alergi Binatang Peliharaan

0
287
Foto : Pexels Itjeher.com
Foto : Pexels Itjeher.com

Alergi binatang peliharaan adalah penyakit umum yang mampu menyerang banyak orang. Gejala alergi dapat dikenali dengan bersin, pilek, gatal-gatal, batuk hingga asma yang kambuh ketika berada di sekitar binatang yang umumnya memiliki bulu.

Faktanya, alergi binatang peliharaan sendiri terjadi akibat sistem imunitas di tubuh salah menangkap sinyal. Dengan tugasnya melindungi tubuh dari hal eksternal yang berbahaya, bagian dari binatang yang bersentuhan membuat tubuh merancang antibodi untuk melawan sesuatu yang sebenarnya tidak berbahaya, seperti bulu binatang.

Ini mengapa alergi dapat dicegah jika sedari kecil terbiasa terpapar binatang peliharaan.

BACA JUGA :

6 Hal Penting agar Percaya Diri pada Saat Wawancara Kerja

Isu Sustainable & Ethical Fashion yang Diangkat di ISEF 2019

Bagi yang terlanjur mengidap alergi ini, sebaiknya menaruh perhatian pada binatang peliharaan yang memicu timbulnya gejala. Ini adalah beberapa binatang yang paling umum menyebabkannya!

  1. Anjing dan Kucing

Alergi ditularkan dari bulu, ludah, kotoran, hingga sel kulit mati anjing dan kucing. Bulu binatang ini memang sangat mudah memerangkap jamur dan berbagai bakteri yang membuat bersin dan mata berair.

  1. Kelinci, Hamster dan Marmut

Ketiga hewan ini memiliki bentuk yang kecil namun tetap berpotensi besar menyebabkan alergi. Selain urin dan ludahnya, bahkan jejak kaki yang melangkah di perabotan rumah tangga dapat mengotori udara.

  1. Burung

Burung mungkin bukan seperti penyebab alergi binatang peliharaan. Namun walau berada di dalam sangkar, bulu burung umum memiliki tungau yang menjadi penyebab alergi. Selain itu, debu halus yang jatuh dari kepakan sayapnya juga dapat menyebabkan reaksi berbahaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here