Madu Asli Atau Tidak? Ini Cara Mengeceknya

0
395

Banyak sekali manfaat yang bisa didapat saat tubuh mengonsumsi madu asli secara rutin. Mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh hingga membuat kulit lebih halus, minuman alami ini telah menjadi favorit banyak orang.

Namun, tak sedikit ternyata madu yang memiliki kandungan 100 persen asli. Madu yang dijual di pasaran banyak yang memiliki tambahan pelarut hingga pemanis tambahan. Akibatnya, tubuh tidak maksimal mendapatkan manfaat dari madu tersebut.

BACA JUGA:

Menikmati Senja dan Kopi di Langit Seduh Jakarta

Mengenang Ciputra dan Minatnya pada Seni Rupa

Museum Macan Merayakan Ulang Tahun yang Ke-2

Bagaimana cara mengecek kemurnian madu asli? Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan.

Mudah terbakar

Coba nyalakan api ke arah madu yang sudah dituang sedikit ke wadah atau kertas. Jika api dengan mudah membesar dan membakar, maka madu yang kamu miliki asli, karena madu murni memiliki sifat mudah terbakar. Hal yang sebaliknya terjadi jika madu tersebut tidak asli.

Susah larut

Madu asli memiliki kekentalan yang pekat, dan tidak mudah larut. Berbeda dengan madu yang telah dicampur, ketika masuk ke dalam gelas yang berisi air, akan mudah membaur. Selain itu, madu asli juga akan mengendap di dasar gelas.

Tidak berbusa

Kamu juga bisa mengecek keaslian madu dengan menggunakan cuka. Kamu cukup mencampurkan satu sendok madu dengan sedikit air dan 2-3 tetes cuka, jika berbusa berarti madu tersebut sudah dicampurkan dengan bahan-bahan lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here