Mencuci Tangan Ampuh Lindungi Diri dari Virus Hepatitis A

0
430
Foto : Pexels.com Itjeher.com
Foto : Pexels.com Itjeher.com

Jangan pernah menyepelekan kegiatan mencuci tangan sebelum atau setelah melakukan sesuatu. Karena tindakan kecil yang cukup mudah ini dapat memberi banyak manfaat terutama mencegah terjangkitnya penyakit Hepatitis A.

Selama ini seringkali penularan Hepatitis A lebih dititik beratkan pada sentuhan secara langsung dengan pasien. Padahal penyebaran sangat cepat terjadi ketika seseorang menyentuh benda termasuk mengonsumsi makanan dan minuman yang sama dengan penderita.

Ini terjadi karena penyakit ini berasal dari virus yang sangat mudah menular akibat kebersihan yang tidak terjaga hingga sanitasi yang buruk.

BACA JUGA :

Dior Rilis Sepatu Air Jordan Versi Glamour

Setelah Kepergian Cha In Ha, Drama Love With Flaws Tetap Tayang

Salju Abadi di Taman Nasional Lorentz Papua 

Jika penderita Hepatitis A tidak mencuci tangan dengan bersih lalu menyentuh benda-benda umum seperti gagang pintu, pegangan kendaraan umum, hingga railing tangga, maka dipastikan virus akan menulari pengguna yang bersentuhan setelahnya.

Perlu diingat juga untuk tidak menyamakan mencuci tangan dengan sabun dan membersihkan dengan hand sanitizer, karena air yang mengalir serta sabun akan lebih bersih dan mencegah timbulnya penyakit.

Selain mencuci tangan, hal lain yang harus diperhatikan adalah ketika menggunakan toilet umum. Selalu bersihkan dudukan toilet dengan semprotan antiseptik atau tissu basah sebelum mendudukinya. Hal-hal kecil seperti ini sangat efektif untuk mencegah terjangkitnya virus Hepatitis A.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here