8 Manfaat Nasi Cokelat untuk Kesehatan

0
165

Tanah air kita memiliki kekayaan alam yang sangat banyak. Sehingga kita memiliki pilihan pangan yang juga beragam. Salah satunya beras cokelat yang kini sedang diminati oleh banyak kalangan khususnya di Jakarta, yang menganggap brown rice lebih berkhasiat untuk kesehatan.

 Berikut 8 manfaat nasi cokelat untuk kesehatan tubuh :

  1. Beras cokelat adalah beras yang tidak dikuliti. Sehingga bila kamu mengonsumsi brown rice tandanya kamu menyantap kulit ari dan semua vitamin yang ada didalamnya.
  2. Beras cokelat adalah sumber serat, vitamin B, kalsium, seng, zat besi, mangan, selenium, dan nutrisi lain.
  3. Kandungan mangan di dalam beras ini akan membantu memperkuat metabolisme, sedangkan magnesium akan membantu mengurangi migrain, menurunkan tekanan darah dan risiko serangan jantung.
  4. Selain itu, kandungan kalsium dan magnesium didalamnya juga akan menjaga kesehatan tulang dan gigi, mencegah risiko arthritis, dan osteoporosis.
  5. Beras cokelat juga mengandung selenium yang akan membantu melindungi tubuh dari infeksi.
  6. Memiliki serat yang tinggi sehingga membuat proses pencernaan jadi lambat dan membuat sistem pencernaan jadi lebih kuat. Serat juga membantu memperlambat pengolahan karbohidrat menjadi gula darah. Oleh karena itu, makanan berserat ini juga memiliki nilai indeks glikemik yang rendah.
  7. Membantu menurunkan berat badan. Karena kandungan serat yang lebih tinggi itu dapat membuat perut tetap merasa kenyang dan mencegah kita mengonsumsi lebih banyak kalori.
  8. Tidak hanya untuk penderita alergi atau intoleransi gluten, penderita autoimun juga bisa mengonsumsi beras coklat untuk menerapkan pola makan bebas gluten.

BACA JUGA :

Mencuci Tangan Ampuh Lindungi Diri dari Virus Hepatitis A

Pilihan Makanan yang Tinggi Vitamin D

Kiat Memasak Beras Cokelat :

  • Pastikan kamu memiliki rice cooker berkapasitas 1 liter atau kurang dan memiliki kualitas yang terpercaya. Hal ini untuk membuat proses menanak nasi menjadi lebih mudah, cepat dan memberikan hasil terjamin.
  • Jika memungkinkan, beli rice cooker yang memiliki mode khusus untuk memasak beras cokelat.
  • Untuk menghasilkan tekstur nasi yang lebih pulen, tambahkan sejumput garam kosher atau garam laut sebelum nasi ditanak.
  • Setelah mengambil nasi, tutup kembali rice cooker agar sisa nasi di dalamnya tidak dingin dan mengering.
  • Selalu bersihkan bagian dalam dan luar rice cooker secara menyeluruh seusai digunakan.
  • Pastikan beras dicuci dengan benar. Karena dapat menyebabkan tekstur nasi yang lengket dan menggumpal bila tidak bersih.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here