Air Garam yang Bisa Redakan Sariawan

0
201
Sariawan di Mulut. Itjeher.com
Sariawan di Mulut. Itjeher.com

Sariawan memang selalu menjadi salah satu penyakit yang membuat aktivitas sehari-hari menjadi tidak nyaman. Jika hal ini terjadi pastinya orang yang mengalami akan susah makan, minum, hingga malas berbicara.

Apa sebenarnya penyebab sariawan? Ini merupakan tumbuhnya jamur Candida albicans di dalam mulut atau tenggorokan. Letak yang biasa menjadi tumbuhnya hal tersebut ada di gusi, lidah, hingga rongga mulut.

BACA JUGA:

Zodiak Ini Selalu Percaya Akan Adanya Soulmate

Film Milea : Suara dari Dilan Ajak Penonton Memahami Dilan

Selain karena bakteri mulut, hal tersebut juga bisa terjadi karena beberapa hal di antaranya sikat gigi terlalu keras, terigigit gigi, hingga area mulut yang cedera sikat. Selain itu banyak juga yang mengaitkan dengan kurangnya asupan vitamin B12, zinc, folat hingga zat besi yang bisa menyebabkan sariawan.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Sebenarnya banyak sekali obat yang dijual bebas di apotik untuk mengatasi masalah ini. Namun sebanarnya, kamu juga bisa meredakannya dengan campuran air garam.

Larutkan satu sendok teh garam laut atau garam alami lainnya dalam setengah gelas air hangat, kemudian berkumurlah selama 30 detik. Setelah itu, bilas mulut dengan air segar. Lakukan ini dua sampai tiga kali sehari hingga luka sariawan membaik. Garam memiliki sifat antiseptik, pembersihan, dan menimbulkan efek menenangkan. Larutan air garam menjadikannya obat rumahan umum untuk menuntaskan pelbagai masalah mulut. Berkumur-kumur dengan air garam bisa membantu meredakan gejala sariawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here