Tips Pintar Dalam Memilih Vaksin Untuk Si Kecil

0
343
Vaksin HPV. Itjeher.com

Di awal-awal kelahiran bayi, pastinya vaksin dasar menjadi salah satu prioritas penting untuk kesehatan si kecil. Rangkaian imunisasi yang wajib di tahun-tahun pertama terkadang di luar perhitungan yang membuat pengeluaran membengkak.

Maka itu, berikut beberapa tips memilih vaksin yang tidak membuat anggaran bulanan ke luar batas untuk kesehatan bayi tersayang.

BACA JUGA:

Nike Akhirnya Rilis Baju Renang Hijab Terbaru

Kim Kardashian Tuntut Vampire Facial, Apa yang Harus Diperhatikan?

Pilihan imunisasi gratis

Kini mengakses vaksin gratis bisa dilakukan oleh siapa saja di posyandu atau puskesmas terdekat. Pilihan ini membuat beberapa biaya imunisasi yang biasanya berbayar di rumah sakit swasta bisa dipangkas. Kamu hanya perlu membawa buku catatan kesehatan si kecil yang terdapat daftar imunisasi di dalamnya.

Vaksin lokal

Kini sudah banyak vaksin buatan lokal yang memiliki harga lebih murah dibandingkan vaksin yang dari luar negeri. Jangan takut dengan kualitasnya, karena semua vaksin yang sudah resmi sudah lulus uji dan masuk dalam rekomendasi WHO. Namun harus diketahui biasanya vaksin yang lebih mahal tidak menimbulkan efek demam.

Klinik khusus vaksin

Ini juga bisa dijadikan alternatif jika kamu hanya ingin melakukan vaksin tanpa konsultasi khusus kepada dokter anak. Klinik khusus vaksin biasanya memiliki harga yang lebih rendah. Di sini vaksin biasanya akan diberikan oleh dokter umum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here