Jakarta Mengeluarkan Larangan Kantong Plastik, Apa yang Harus Dilakukan?

0
173
Foto : Pexels Itjeher.com
Foto : Pexels Itjeher.com

Setelah pergantian tahun diwarnai dengan berbagai masalah lingkungan yang semakin mengkhawatirkan. Di bulan Januari 2020 keluar juga kabar baik dari Jakarta tentang larangan kantong plastik sekali pakai di mal, swalayan, hingga pasar.

Larangan kantong plastik sekali pakai yang keluar dari peraturan gubernur nomor 142 Tahun 2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan ini ditandatangani pada 27 Desember 2019, dan akan mulai berlaku pada tanggal 1 Juli 2020.

Peraturan ini tentunya jadi kemajuan yang signifikan bagi usaha melindungi lingkungan. Seperti yang diketahui, masalah sampah plastik memang sudah harus ditangani secara serius, tidak hanya dari dalam diri sendiri namun juga secara sistem yang lebih besar.

BACA JUGA :

Pilihan Hamper Imlek yang Bisa Kamu Berikan Untuk Sahabat

Resolusi Tahun Baru, Hidup Sehat Bersama Bloom by Itjeher

Tren Gaun Motif dari Karpet Merah Golden Globe 2020 

Ada beberapa hal yang mulai harus diperhatikan menjelang pemberlakuan peraturan ini. Sudah siap?

  1. Wadah Ramah Lingkungan

Mulai biasakan diri untuk membawa wadah ramah lingkungan kemana-mana untuk berbelanja. Siapkan tas belanja yang bisa dipakai berkali-kali, tempat bekal untuk membungkus jajanan dan tentu saja botol minum yang dapat diisi ulang.

  1. Pilah Sampah

Peraturan akan sejalan dengan kewajiban pemilahan sampah rumah tangga. Mulai berlatih dari sekarang mengelola sampah di rumah dengan memisahkan sampah organik, anorganik dan sampah berbahaya. Cari tahu cara membersihkan sampah sebelum dibuang agar tak menambah beban di tanah pembuangan.

  1. Lubang Biopori

Bencana banjir tentu jadi pengingat paling besar yang menghubungkan larangan kantong plastik sekali pakai di Jakarta. Salah satu yang tak kalah penting adalah memiliki lubang biopori di rumah. Lubang silindris yang dibuat masuk ke dalam tanah secara vertikal ini jadi metode resapan air yang ampuh mengurangi genangan air dan meningkatkan daya resap air pada tanah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here