Ikut Kompetisi Marathon Cegah Penyakit Kardiovaskular

0
275
Foto : Pexels Itjeher.com
Foto : Pexels Itjeher.com

Penyakit kardiovaskuler yang terjadi akibat gangguan pada jantung dan pembuluh darah telah mengincar banyak nyawa setiap tahunnya. Penyakit ini juga tidak pandang usia, penyebab paling sering terjadi akibat pola hidup yang tidak sehat.

Kabar baiknya, studi terbaru dari The Journal of the American College of Cardiology menyatakan bahwa penyakit kardiovaskular bisa dicegah oleh sebuah olahraga yang sedang tren, yaitu berlari marathon.

Tercatat dari peserta marathon yang berusia 21 hingga 69 tahun, usia saluran aortanya kebanyakan lebih mua 4 tahun daripada usia asli tubuhnya. Aorta yang merupakan saluran yang terbentang dari jantung ke tubuh melalui tengah dada dan perut memang memiliki peranan sangat penting bagi kesehatan, karena berfungsi sebagai penyuplai darah utama.

BACA JUGA :

Konser Legendaris Ivo Nilakreshna akan Digelar Akhir Januari 2020

Berkunjung ke Daerah Langka di Pulau Jawa yang Diakui UNESCO

Chen EXO Buat Syok Para Fans Dengan Kabar Pernikahan

Untuk pelari yang lebih tua, tentu kegiatan lari marathon ini dilakukan dalam pace yang lebih lambat dan santai. Ini tentu juga menghasilkan fakta jika mengikuti kompetisi marathon bisa membuat lebih awet muda.

Pelari bisa menetapkan target jarak yang ingin ditempuh sebagai motivasi. Perlakukan kegiatan lari matathon sebagai sarana melepas stress, karena akan membuat semangat tetap terjaga, dan tentu saja penyakit kardiovaskular semakin menjauh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here