Foto : Pexels Itjeher.com
Foto : Pexels Itjeher.com

Pecinta Pola Makan Sehat Jangan Sampai Mengalami Orthorexia

Memiliki gaya hidup sehat menjadi sebuah keharusan. Namun bagaimana jika keputusan untuk mengonsumsi makanan sehat menjadi sebuah obsesi? Itu adalah yang terjadi pada orang yang mengidap Orthorexia.

Dengan bermunculannya nama-nama penyakit yang berhubungan dengan pola makan dan gaya hidup, Orthorexia jadi gangguan makan yang tidak boleh dianggap remeh. Apalagi untuk masyarakat urban yang semakin fokus pada kesehatan.

Gangguan ini menyebabkan kebiasaan mencermati label makanan, menghitung kalori dan menimbang berat badan jadi hal yang dilakukan dengan berlebihan.

BACA JUGA :

Menikmati Keindahan Pulau Jeju Tanpa Visa?

Menjaga Keremajaan Kulit Dengan Serum Terbaru dari YSL

Harry Dan Meghan Markle Tak Boleh Tinggal di Kanada

Seseorang menjadi sangat terobsesi dengan apa yang masuk ke dalam tubuhnya, dan merasa sangat bersalah jika mengonsumsi makanan yang ‘tidak seharusnya’. Misalnya makan nasi yang memiliki kadar gula tinggi, atau udang yang tinggi kolestrol.

Karena gangguan ini dialami oleh seseorang yang selalu memilih makanan yang menurutnya lebih sehat, banyak yang tidak menyadari bahwa pola ini bukanlah sebuah masalah.

Padahal memilah makanan dengan terlalu ekstrim, seringkali membuat pilihan jenis makanan malah menjadi sangat sedikit dan membatasi akses terhadap nutrisi yang seharusnya didapatkan oleh tubuh.

Misalnya saja ketika sedang makan keluar dan tidak menemukan menu sehat, maka yang mengalami Orthorexia lebih memilih tidak makan. Walau menyiapkan dari rumah, seringkali sajian yang dibuat tidak bervariasi. Akibatnya adalah penurunan berat badan drastis hingga malnutrisi.

Hidup sehat adalah kewajiban, namun bukankah lebih baik jika polanya lebih seimbang. Jangan sampai apa yang dianggap baik malah mengganggu kesehatan diri sendiri.

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.

More Stories
Riasan mata. Itjeher.com
Ini Dia Kesalahan Saat Pakai Serum Bulu Mata