10 Manfaat Berenang Untuk Kesehatan

0
698

Air bersih yang kita tau dapat memberi banyak manfaat untuk tubuh, bila diminum dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh, memperlancar peredaran darah dan menjaga stamina. Namun di lain sisi, air juga dapat menyegarkan tubuh, memberi rasa rilaks dan menjernihkan pikiran. Bagaimana caranya ? yaitu dengan melakukan aktifitas di dalam air salah satunya berenang. Bergerak dalam air sangat banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Memang terasa lebih berat olahraga di dalam air dibanding di darat. Air menawarkan 12% – 14% resistensi atah hambatan lebih besar. Sehingga tidak hanya memperkuat jantung, berenang juga membantu menguatkan tulang dan otot.

Berikut 10 manfaat berenang untuk perempuan yang sangat berguna tidak hanya untuk tubuh bagian dalam namun juga luar.

  1. Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

Gerakan berenang melatih pergerakan kaki, tangan, kepala, dan seluruh anggota tubuh lainnya. Sehingga bila kamu rutin melakukan olahraga ini, akan memiliki tubuh yang lebih fleksibel untuk berbagai gerakan.

 

  1. Menurunkan Risiko Terkena Diabetes

Berenang juga sangat efektif untuk menghindari kamu dari terkena penyakit diabetes, olahraga ini sangat efektif untuk menurunkan dan membakar kalori dan lemak serta gula dalam darah agar anda terbebas dari diabetes.

 

  1. Mengontrol Berat Badan

Berenang sangat efektif untuk membakar kalori dan lemak dalam tubuh,sehingga dapat mengontrol berat badan dan  membentuk tubuh yang ideal terutama bisep. Berenang juga memungkinkan semua anggota tubuh bergerak dengan sempurna, dengan berenang maka bisep akan terbentuk lebih sempurna. Tentu otot di bagian tangan dan kaki juga akan terbentuk secara alami.

 

  1. Memperkuat Pernafasan

Salah satu olahraga yang dapat melatih pernafasan dan memperkuat nafas adalah berenang. Olah raga air seperti berenang membutuhkan pernafasan yang kuat agar mampu menyelam dalam waktu yang lama. Sistem kerja pernafasan secara sendirinya akan terlatih menjadi lebih panjang saat berenang. Gerakan pada berenang ini juga meliputi seluruh otot anggota gerak tubuh jadi berenang secara teratur dapat memacu aliran darah ke jantung, pembuluh darah, dan paru-paru menjadi lebih lancar yang penting untuk memberikan pernafasan lebih panjang.

 

  1. Memperkuat Otot dan Tulang

Pada saat kita melakukan gerakan di dalam air, otomatis kita mengalami hambatan yang lebih besar daripada di darat. Sehingga otot bekerja lebih berat dan membuatnya kuat.

 

  1. Meninggikan Badan

Selain basket, berenang adalah salah satu jenis olahraga yang paling efektif untuk membuat tubuh kamu lebih tinggi dibandingkan dengan olahraga lainnya. Gerakan menarik pada aktifitas berenang, ternyata dapat mempengaruhi perkembangan tubuh tulang manusia.

 

  1. Sehat Untuk Jantung

Berbagai penelitian terbaru menunjukkan bahwa berenang sangat bermanfaat untuk menunjang kebugaran jantung dan pembuluh darah, serta aman dan direkomendasikan bagi penderita penyakit jantung stabil, selama dilakukan dengan kaidah yang benar dan diawali dengan konsultasi ke dokter. Beban air yang harus dihadapi saat berenang akan menyebabkan gaya kompresi terhadap kapasitas pembuluh darah tubuh. Hal ini akan berdampak pada peningkatan jumlah aliran darah balik yang masuk ke dalam jantung, dan berarti peningkatan pula pada volume darah yang harus dipompakan oleh jantung dalam setiap menitnya (curah jantung).

 

  1. Meredakan Stres

Gerakan  berenang ini mampu meningkatkan hormon endorfin dalam otak sehingga suasana hati lebih tenang dan nyaman sehingga ini bisa menurunkan tingkat stresor kita. Bersentuhan dengan air pun membuat tubuh lebih sejuk sehingga mempengaruhi suasana hati dan pikiran.

 

  1. Tubuh Menjadi Bugar

Berenang dapat menyehatkan dan juga memberikan dampak terhadap kebugaran. Kegiatan aerobik air yang jika dilakukan minimal selama 20 menit dengan irama dan teknik sama pada kecepatan yang konstan, akan membantu meningkatkan kebugaran, merangsang metabolisme dan membakar lemak

 

  1. Menyembuhkan Radang Sendi

Postur tubuh terutama daerah punggung ini bisa diperbaiki dengan berenang. Latihan berenag bisa mengurangi masalah yang menyerang tulang belakang. Gerakan motorik secara konstan baik tangan ataupun kaki dapat memperkuat otot sehingga lebih kencang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here