Apa Saja Makanan yang Disarankan dan Yang Tidak untuk Penderita Asam Lambung

0
253

Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah munculnya rasa terbakar di dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan. Penyakit ini bisa dialami oleh orang dewasa maupun anak-anak. Walaupun tidak mematikan seperti serangan jantung, penyakit asam lambung perlu ditangani agar tidak menimbulkan komplikasi.

Khususnya dalam mengonsumsi makanan dan minuman. Ada 5 makanan yang disarankan dan dilarang untuk menghindari kaparahan asam lambung. Apa saja ?

Makanan yang Disarankan

  1. Oatmeal

Penderita penyakit asam lambung memerlukan makanan yang kaya akan serat untuk mengatasi gejala penyakit asam lambung. Hal ini karena serat yang terkandung di dalam makanan dapat menyerap asam lambung, sehingga meredakan gejala refluks asam lambung. Selain itu, oatmeal tidak hanya kaya akan serat tapi juga bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

  1. Jahe

Rempah yang satu ini tidak saja memberikan rasa hangat dalam tubuh, tapi juga dapat mengurangi risiko naiknya asam lambung. Hal ini karena kandungan antiradang di dalam jahe dipercaya mampu mengatasi masalah pencernaan, dan dapat menjadi pengobatan alami penyakit asam lambung atau maag.

  1. Sayuran hijau

Sayuran hijau, seperti brokoli, kembang kol, kentang, selada, timun, buncis, dan asparagus, memiliki kandungan yang dipercaya dapat menurunkan asam lambung, serta menyehatkan sistem pencernaan. Inilah sebabnya sayur-sayuran tersebut merupakan makanan yang baik untuk penderita asam lambung.

  1. Daging tanpa lemak

Jika kamu ingin mengonsumsi daging, ikan, dan makanan laut lainnya, disarankan memilih yang tanpa lemak, tanpa kulit, kemudian olah dengan cara dipanggang, direbus, dikukus atau dibakar.

  1. Pisang

Kandungan pH sekitar 5,6 di dalam buah pisang menjadikannya salah satu buah yang baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Tidak hanya itu, buah lainnya, seperti pir, apel atau melon, juga cocok dikonsumsi penderita asam lambung.

BACA JUGA :

3 Vitamin Alami Wajid Dikosumsi untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh Manusia

Pecinta Pola Makan Sehat Jangan Sampai Mengalami Orthorexia

5 Makanan yang Dilarang

  1. Makanan dan Minuman Tinggi Lemak

Lemak memang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah tertentu. Akan tetapi, makan makanan dan minuman tinggi lemak dalam porsi yang terlalu banyak dan sering bisa memicu timbulnya gejala maag. Ini karena makanan dan minuman berlemak tinggi dapat membuat otot pada katup kerongkongan (esofagus) bagian bawah melemah. Kondisi ini tentu akan membuat katup kerongkongan mudah terbuka, sehingga memicu naiknya asam lambung ke kerongkongan.

  1. Makanan yang digoreng

Alasannya serupa dengan makanan tinggi lemak sebelumnya. Gorengan, yang notabene direndam dalam minyak panas dan cukup banyak, mengandung banyak lemak dan dapat merangsang melemahnya otot pada katup kerongkongan.

  1. Cokelat

Cokelat merupakan satu dari beberapa pantangan yang harus dipatuhi untuk mencegah peningkatan asam lambung. Hal ini dikarenakan kandungan kafein dan stimulan lainnya yaitu theobromine, bisa mengakibatkan peningkatan asam lambung.

  1. Makan Pedas

Makanan pedas, yang biasanya diolah dari cabai, memiliki kandungan zat bernama capsaicin di dalamnya. Dan capsaicin bisa memperlambat kerja sistem pencernaan, dimana pada orang yang sedang mengalami maag akan semakin memperburuk kondisinya.

  1. Bawang

Segala bentuk bawang, baik bawang merah, putih, atau bombay, bisa membuat otot pada kerongkongan bagian bawah melemah. Alhasil, asam lambung bisa dengan mudah naik kembali ke kerongkongan sehingga menimbulkan gejala maag.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here