Cara Aman Mencegah Migrain

0
939

Siapa yang tak terganggu jika migrain datang menyerang. Migrain adalah sakit kepala sebelah yang dalam data World Health Organization (WHO) termasuk dalam 20 gangguan medis yang paling banyak diderita penduduk dunia. Rasanya separuh bagian kepala diserang nyeri dalam kurun waktu tertentu, membuat aktifitas jadi sangat terganggu.

Migrain terjadi alibat gangguan pembuluh darah. Aliran darah di otak meningkat karena adanya aktifitas lebih di impuls listrik otak, sehingga pembuluh darah otak jadi melebar. Selain mengatasinya dengan obat, tentu akan lebih baik jika kamu mampu mencegah kedatangannya terlebih dahulu.
  1. Makan Kudapan

Siapa sangka makan kudapan bisa membantu mencegah terjadinya migrain. Ini karena ketika kita menunggu terlalu lama diantara jadwal makan, tekanan gula darah turun drastis sehingga migrain mungkin menyerang. Kuncinya adalah konsumsi kudapan yang sehat seperti kacang-kacangan tanpa garam atau buah dan sayuran kering. Jangan lupa untuk selalu memenuhi kebutuhan air di dalam tubuh juga.

  1. Tambah Suplemen

Jika kamu sedang menjalani diet, tambahkan suplemen vitamin B2, magnesium, coenzyme Q10  dan rempah yang diekstrak pada daftar konsumsi tubuh. Selalu konsultasikan terlebih dahulu pilihan medis kepada dokter sesuai dengan catatan medis kamu sebelum mengikuti saran ini.

  1. Berlatih Kardio

Ketika berolahraga, tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang merupakan pencegah rasa sakit alami. Dengan melakukan olahraga kardio selama setengah jam seperti bersepeda atau jogging, kamu bisa terhindar dari stress yang jadi salah satu pemicu sakit kepala.

  1. Praktek Meditasi

Meditasi tak hanya dikaitkan dengan hal spiritual yang berguna bagi kehidupan saja, tapi erat kaitannya dengan kesehatan mental, dan ketenangan pikiran. Dengan bermeditasi, tubuh akan mengabaikan hormon penyebab stress, sehingga kamu tak akan mudah marah dan stress penyebab migrain ini pun segera tertangani.

  1. Hindari Kafein

Kamu punya ketergantungan pada kopi hingga harus mengkonsumsinya setiap pagi? Coba kurangi asupannya. Kafein jelas-jelas memicu rasa pusing karena menghambat adenosin, senyawa kimia yang melebarkan pembuluh darah. Ketika kafein masuk ke dalam tubuh maka pembuluh darah mengecil hingga tubuh jadi hipersensitif pada adenosin. Ketika memulai minum kafein lagi, maka tubuh jadi sensitif dan terjadilah migrain.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here