Makan Banyak, Tapi Berat Badan Tidak Naik

0
973

Saat perut terasa lapar, kita pasti memiliki nafsu makan yang besar dan rasa ingin mengkonsumsi semua makanan yang menggugah selera. Namun hal ini kadang terhambat dengan perasaan khawatir dan rasa bersalah akan tubuh yang menjadi gemuk atau berat badan menjadi naik. Namun kini ada kiat yang bisa kamu lakukan, yaitu memilih makanan yang tepat untuk memberi nutrisi dan rasa kenyang tanpa menambah berat badan kamu.  Antara lain :

  1. Protein

Tahukah kamu kalau ternyata protein lebih membuat rasa kenyang dibandingkan dengan karbohidrat dan lemak ? protein berasal dari bahasa Latin, yakni prota , yang berarti sesuatu yang utama dan penting. Kebutuhan protein bagi seorang dewasa adalah 1 gram untuk setiap 1 kilogram berat badannya setiap hari. Protein memiliki fungsi yang luar biasa bagi tubuh. Hal ini dikarenakan molekul protein memiliki kandungan oksigen, karbon, nitrogen, hydrogen, dan sulfur. Sebagian protein juga mengandung fosfor. Seluruh kesatuan kompleks inilah yang berfungsi untuk meregenerasi sel dan gen dalam tubuh.

Protein berfungsi sebagai bahan dasar pembangun tubuh dan regulator gen. Protein juga diperlukan sebagai bahan pembantu dalam memelihara struktur tubuh, mempercepat reaksi kimia dalam tubuh, berfungsi sebagai pembawa pesan kimiawi, melawan infeksi, dan mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh.

Walaupun protein menyediakan 4 kalori energi setiap gramnya, tubuh menggunakan protein hanya apabila karbohidrat dan lemak yang tersedia tidak mencukupi. Ketika diambil sebagai sumber energi, protein diubah fungsinya dari berbagai fungsi penting lain yang sangat penting bagi tubuh.

Protein ini bisa kamu dapat dari telur, ikan, susu dan yogurt. Memasukkan makanan tersebut dalam menu sehari-hari bisa membuat perut kenyang lebih lama.

  1. Karbohidrat Kompleks

Jika dibandingkan karbohidrat olahan seperti nasi dan roti putih, karbohidrat kompleks cenderung membuat perut kenyang lebih lama. Karbohidrat kompleks adalah karbohidrat yang struktur kimianya terdiri dari tiga molekul gula atau lebih yang biasanya saling terikat dalam suatu rantai molekul. Gula ini lebih kaya serat, vitamin, dan mineral. Karena molekulnya lebih kompleks, maka membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna tubuh. Sehingga karbohidrat kompleks menyebabkan kenaikan glukosa darah seseorang dengan lebih lambat beberapa saat setelah dikonsumsi jika dibandingkan dengan efek mengkonsumsi karbohidrat lainnya.

Hal ini yang membuat tubuh memiliki energi dalam jangka waktu lebih lama yang disebabkan kadar gula dalam darah tidak melonjak ataupun menurun secara drastis. Otomatis membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Contoh makanan mengandung karbohidrat kompleks antara lain, beras merah, gandum dan olahannya, ubi jalar, pisang, beras cokelat, kacang polong, labu, apel, asparagus, brokoli, kol, wortel, terong, timun, strawberry dan tomat.

 

 

  1. Lemak baik

Banyak orang yang menghindari makanan berlemak karena takut gemuk dan berpenyakit. Padahal dengan memilih jenis lemak yang tepat, justru bisa mendapatkan manfaat untuk metabolisme tubuh. Lemak baik dalam makanan dapat merangsang hormon yang membantu kamu merasa kenyang lebih lama. Ada dua jenis lemak baik, yaitu :

  • Lemak tak jenuh tunggal. Lemak tak jenuh tunggal biasa dijumpai pada makanan dan minyak seperti minyak olive, dan minyak canola. Lemak ini meningkatkan kolesterol baik dalam darah yang bisa menurunkan resiko serangan jantung. Penelitian juga menunjukkan keuntungan lain dapat mengontrol kadar insulin sehingga mencegah diabetes.
  • Lemak tak jenuh ganda. Lemak yang satu ini banyak dijumpai pada makanan yang berasal dari tumbuhan. Salah satu jenis lemak tak jenuh ganda adalah asam lemak omega-3, meskipun jenis lemak ini bisa di dapat pada hewan seperti ikan salmon. Lemak tak jenuh ganda menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi resiko terkena penyakit jantung koroner. Selain dari ikan, lemak tak jenuh ganda bisa dijumpai pada minyak zaitun, minyak kacang, minyak jagung, dan lain-lain.

 

  1. Serat

Serat memiliki peran penting dalam menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh yang biasanya memicu penyakit kardiovaskular (penyakit jantung). Selain itu  juga dapat memperlambat penyerapan gula dalam kadar darah, sehingga seseorang yang rajin memenuhi kebutuhan serat hariannya akan berisiko kecil terserang diabetes.

Buat kamu yang susah buang air besar, konsumsi serat yang cukup dapat memperlancar pencernaan dalam tubuh. Dan serat punya kecenderungan membuat perut menjadi kenyang dalam jangka waktu yang cukup lama. Sehingga jika kamu ingin menurunkan berat badan, jangan malas makan makanan yang berserat. Makanan kaya serat antara lain sereal, sayuran, dan buah-buahan segar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here