Rahasia Membuat Bekal Sehat dan Cepat ke Kantor

0
176

Bekal sehat tak hanya perlu dibawa oleh anak sekolah saja, pekerja kantoran pun tak perlu malu membawanya.

Selain lebih sehat, pastinya bekal lebih bisa membuat pengeluaranmu jadi lebih hemat.

Apalagi dengan jajanan di luar rumah yang banyak mengandung pengawet sampai debu jalanan, maka dengan membawa bekal kamu dapat terhindar dari berbagai penyakit yang mengintai.

  1. Atur Jadwal Menu

Untuk mempersingkat waktu masak dan menu makanan jadi lebih variatif, kamu bisa mempersiapkan jadwal makanan yang akan dibuat mulai dari seminggu sebelumnya. Menyiapkan jadwal menu menjadikanmu lebih bersemangat dalam membuat masakan. Tentu saja karena hanya kamu sendiri yang paling tahu akan kebutuhan makanmu, dan kamu dapat mewujudkannya sendiri.

Bagi yang sibuk bekerja di kantor dan pulang dalam kondisi lelah, coba pilih menu yang lebih sehat setiap hari. Dengan membuat jadwal, kamu tidak akan mengulang menu yang sama dalam waktu dekat. Pilih menu yang mudah dibuat dan diolah, agar tidak kerepotan di pagi hari.

  1. Susun Menu Yang Bervariasi

Susun menu yang bervariasi agar kamu tidak bosan dengan menu yang mirip dalam satu minggu. Dengan aktivitas yang padat seharian di kantor, pastinya gizi dan nutrisi yang cukup sebagai asupan tubuh adalah hal wajib untuk dipenuhi. Setidaknya siapkan karbohidrat, protein (nabati atau hewani) dan buah-buahan.

Kamu juga bisa membuat variasi menu dengan melihat dari berbagai sumber yang ada. Misalnya resep-resep praktis yang ada di media sosial atau resep warisan dari keluarga. Yang penting, semua harus diolah dengan praktis, namun tetap sehat.

  1. Siapkan Bahan Utama Pada Malam Sebelumnya

Dengan alasan kepraktisan, untuk bahan yang membutuhkan waktu lama dalam pengerjaan, sebaiknya kamu dapat menyiapkan pada malam sebelumnya. Bahan ini dapat kamu simpan di lemari es agar kelembapannya tetap terjaga. Misalnya jika kamu akan membuat sup ayam, kamu dapat mengiris atau memotong semua bahan pada malam hari. Keesokan paginya, kamu tinggal merebus dan memasukkan bahan tersebut ke dalam kaldu. Sambil menunggu sup matang, kamu pun dapat bersiap – siap seperti biasanya.

  1. Pilih Menu Yang Sehat Namun Praktis

Praktis tidak selalu insta. Sebisa mungkin, pilihlan menu makanan yang mudah dibuat sehingga tidak repot saat mengolahnya. Menu yang praktis namun sehat dapat berupa salad, sandwich daging, atau menu makan siang lainnya yang mudah dibuat. Bawa juga bumbu seperti mayonaise atau siapkan garam di kantor karena mengolah makanan dengan terburu – buru biasanya akan menjadikan makanan hambar.

  1. Menghangatkan Makanan Kemarin

Jika kamu masak dalam porsi besar pada malam sebelumnya dan ternyata masih berlebih, sebaiknya jangan dibuang. Manfaatkan kelebihan makanan jadi ini untuk makan siangmu. Masukkan makanan yang berlebih di malam hari ke dalam kulkas. Pada keesokan harinya, kamu dapat menghangatkan makananmu ke dalam microwave untuk kamu bawa sebagai bekal. Tentunya, pastikan makanan tidak akan basi sampai siang hari. Ingat bahwa ada beberapa jenis makanan yang cepat basi dan harus dihindari seperti misalnya masakan yang bercampur dengan santan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here