Paparan Syukur Dithi Sofia

0
977

Ikut gerakan melestarikan alam masih dianggap sesuatu yang susah bagi banyak orang. Menganggap diri tidak mampu, membuat masyarakat menjadi apatis terhadap isu lingkungan dan mencoba menutup mata. Padahal, dari mengubah gaya hidup dan kebiasaan yang kecil saja, dapat memberikan perubahan yang signifikan pada alam sekitar.

Sebagai aktivis lingkungan, Adithiyasanti Sofia bertekad untuk mengubah pola pikir tersebut. Awalnya, wanita yang memiliki panggilan akrab Dithi ini memutuskan ikut pemilihan duta wisata dan duta lingkungan, yaitu Putra Putri Bahari dan Abang None. “Saya merasa dengan menyandang gelar tersebut, saya memiliki peluang besar terjun langsung ke masyarakat. Saya dapat bersuara dan menjalin hubungan dengan para ahli lingkungan lainnya” jelas Dithi.

Pucuk dicinta ulam tiba, di sini Dithi belajar berbagai fakta dan masalah alam yang mencengangkan sekaligus menyedihkan. Ini yang membuat Dithi semakin bulat turut serta lebih dalam melestarikan lingkungan. Bekerja di dalam konsultan komunikasi lingkungan bernama LeafPlus, Dithi aktif melakukan kampanye pelestarian taman bernama HiddenPark. Ini adalah sebuah kampanye tahunan yang mengaktivasi taman-taman di area perkotaan, untuk menumbuhkan budaya beraktifitas di taman. Kegiatan yang diprakarsai sejak tahun 2012 ini disambut sangat positif.oleh masyarakat. Berbagai komunitas, pihak pemerintahan dan swasta turut ikut berpartisipasi dalam kampanye ini.

Tak hanya itu, Dithi juga aktif mendukung kampanye Saveshark. Ketertarikannya dalam dunia bahari bersatu dengan misi kampanye penyelamatan hiu tersebut. Dalam komunitas ini, tidak hanya membahas isu perlindungan hiu, namun juga memberi edukasi kepada masyarakat untuk menjadi konsumen makanan laut yang bertanggung jawab. “Sebenarnya bukan hanya hiu, Indonesia termasuk wilayah migrasi 6 dari 7 spesies penyu laut di dunia. Bayangkan, jika lautan Indonesia tidak lagi memiliki kondisi yang baik, bagaimana spesies penyu dapat bertahan hidup” jelasnya.

Menghabiskan masa kecil dan tumbuh dekat dengan pantai serta laut membuat Dithi mencintai apa yang ia lakukan sekarang. Selain memiliki segudang misi lingkungan, Dithi juga punya mimpi ingin belajar pariwisata bahari di New Zealand untuk dapat diterapkan di tanah air.

“Dengan banyaknya anugerah kekayaan sumber daya alam untuk hidup di Indonesia, rasanya sebagai manusia saya tidak bersyukur jika tidak ikut berkampanye untuk melestarikan dan melindungi alam Indonesia” pesannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here