5 Tips Praktis Bebas Bau Mulut Saat Puasa

0
753

Menjalankan ibadah puasa tidak hanya membutuhkan persiapan mental danĀ fisik yang prima, namun kiat untukĀ terhindar dari bau mulut juga perlu diperhatikan.

Ya, masalah yang satu ini memang tak dapat dihindari ketika jumlah air liur berkurang drastis di dalam mulut.

Padahal, fungsi air liur tersebut adalah menjadi antiseptik alami yang menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Tak heran, mulut menjadi lebih mudah bau saat kamu berpuasa.

Jadi, langkah apa yang dapat dilakukan untuk dapat mencegah timbulnya bau mulut? Simak beberapa tips berikut.

  1. Sahur dengan sayur dan buah-buahan

Mengonsumsi sayur dan buah dapat menjadi pembersih gigi alami yang membasmi plak serta sisa makanan. Selain itu, antioksidan dalam sayur dan buah penting bagi kesehatan oral.

  1. Makan karbohidrat

Ternyata, karbohidrat kompleks sangat penting untuk menjaga tubuh tetap fit. Jika kamu kekurangan karbohidrat, tubuh akan mengeluarkan senyawa pembentuk bau mulut. Pilih karbohidrat seperti pisang yang nikmat dan penuh nutrisi saat sahur.

  1. Hindari bawang putih mentah

Tak peduli seberapa sering kamu menyikat gigi, atau berkumur dengan penyegar mulut, bau bawang pasti akan tertinggal dalam aliran darah. Tapi jika kamu sudah terlanjur mengonsumsi bawang putih, coba kunyah potongan lemon sebelum tidur.

  1. Minum banyak air putih

Kekurangan cairan merupakan salah satu alasan utama penyebab bau mulut. Jadi, pastikan kamu minum air putih sebanyak-banyak saat sahur dan buka puasa. Minum minimal 1 gelas tiap setengah jam, dari jam 7 malam hingga sebelum sahur untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

  1. Gunakan penyegar mulut

Berkumur dengan penyegar mulut merupakan cara praktis agar terhindar dari bau tak sedap. Bawa penyegar mulut kemasan kecil kemana saja kamu pergi, dan gunakan ketika nafas sudah mulai tidak sedap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here