Makanan Diet Penuh Energi untuk Berpuasa

0
878

Mengatur makanan diet ketika berpuasa seharusnya lebih mudah. Nyatanya banyak diantara kita yang berniat untuk teguh pada pola diet selama puasa, malah kalap dan bertambah berat badannya.

Bukannya jadi mampu menahan nafsu makan, yang terjadi adalah ketika waktu makan sahur dan berbuka jadi makan lebih banyak agar tak lemas selama berpuasa.

Kuncinya adalah dengan memilih makanan tepat yang bisa menjaga asupan energi seharian. Nasi memang penuh karbohidrat dan mengenyangkan, pilihan makanan di bawah ini bisa jadi pengganti yang membuatmu tak mudah lapar namun tetap sehat!

  1. Labu Kuning

Labu kuning mengandung campuran yang sempurna dan penuh manfaat. Mengandung karbohidrat kompleks yang penuh serat, gula alami yang menjaga tubuh tetap berenergi, mineral yang berguna bagi tubuh, serta vitamin A yang merupakan penjaga imunitas sehingga kamu bisa lebih mudah sembuh jika sedang sakit.

Sebenarnya olahan labu kuning sudah sangat terkenal pada makanan Indonesia. Masalahnya ketika dijadikan kolak, biasanya ditambahkan lagi gula pasir untuk menambah rasa manis di kuah yang seharusnya tidak diperlukan untuk tubuh. Lebih baik olah labu dengan cara dikukus dan dijadikan puree, atau bisa juga dipanggang dengan campuran susu.

  1. Telur

Ini adalah makanan paling mudah ditemukan dan praktis untuk dibuat. Dengan kadar protein tinggi yang terdapat di dalamnya, lemak baik yang memenuhi perasaan kenyang dan mineral seperti zinc juga vitamin A. Telur jadi makanan yang sangat rendah kalori (sekitar 70 kal dalam satu telur yang besar), sehingga cocok dikonsumsi bagi orang yang sedang menjalankan diet tinggi protein.

Untuk diet, telur paling baik diolah dengan cara direbus. Jika ingin mengonsumsi lebih dari dua, hindari kuning telur yang merupakan sumber kolestrol.

  1. Kacang Hitam

Kacang hitam yang biasa ditemukan untuk isi bakpao sangat kaya akan serat dan memiliki kemampuan meningkatkan level energi pada tubuh. Protein yang terkandung di dalamnya berjenis nabati dan cocok untuk asupan otot. Kaya akan folate yang meningkatkan sel darah merah sehingga menambah kadar oksigen dalam tubuh.

Untuk mengolahnya, akan lebih mudah jika kacang hitam dijadikan makanan pendamping sayuran seperti sop kentang atau cap cay.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here