Jangan Main HP Sebelum Tidur, Ini Alasannya

Kebiasaan main HP dan tablet telah menjadi hal yang tak terpisahkan dengan manusia. Banyak orang yang tidak bisa hidup, jika tidak membawa gadget mereka.

Padahal, banyak sekali efek samping yang merugikan manusia jika terlalu sering terpapar telepon genggam. Baik itu efek kesehatan, mental, bahkan efek buruk bagi kehidupan sosial.

Penelitian terbaru juga menemukan, adanya efek buruk ketika bermain HP sebelum tidur. Dr. Siegel, profesor dari UCLA School of Medicine menyatakan, bahwa orang yang matanya terpapar oleh aliran foton di malam hari, memberi perintah ke otak agar tubuh tetap terjaga dan tidak tertidur.

Dengan kebiasaan membuka email dan membalas chat sebelum tidur, secara tidak langsung kamu menyuruh tubuh agar tidak memproduksi hormon melatonin. Hormon ini yang berperan mengatur siklus tidur secara alami.

Diantara sekian banyak efek buruk dari kurang tidur, salah satunya yang cukup merugikan adalah kurang tidur membuat racun-racun yang harusnya dikeluarkan dari dalam tubuh tetap berada di dalam.

Hal ini yang membuat kamu mudah terganggu perhatiannya, mudah lupa, dan insulin yang seharusnya membantu metabolisme tubuh bekerja terbalik. Karena itu orang yang kurang tidur lebih gampang mengalami kenaikan berat badan.

Maka dari itu, kurangi menggunakan HP sebelum tidur mulai sekarang. Minimal batasi jam pemakaian gadget, sehingga tubuh dan mata kamu dapat beristirahat. Daripada asik bermain dengan gadget, lebih baik gunakan waktu tersebut untuk quality time dengan pasangan atau keluarga kamu bukan?

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.

More Stories
Mengenal Sorgum yang Kaya Manfaat. Itjeher.com
Mengenal Sorgum, Alternatif Nasi yang Kaya Nutrisi