5 Khasiat dari Cokelat

0
775

Makan cokelat merupakan sebuah kebiasaan yang menjadi pelepas lara bagi banyak orang. Kenikmatan dari cokelat terkenal sebagai guilty pleasure karena sangat nikmat tapi dianggap tinggi akan lemak.

Namun tahukah kamu, ternyata para pecinta cokelat mendapatkan banyak manfaat kesehatan dari makanan yang satu ini.

Berikut beberapa peran baik dari cokelat untuk tubuh kamu.

1.Mengandung antioksidan yang lebih tinggi dari apel

Cokelat hitam atau terkenal dengan nama dark chocolate, berisi kadar konsentrasi antioksidan yang lebih tinggi dari apel, teh hitam dan anggur merah. Antioksidan yang berasal dari alam seperti biji cokelat dapat memerangi kerusakan sel yang biasanya menjadi tanda-tanda penuaan. Selain itu, antioksidan alami juga membantu mencegah penyakit kronis seperti alzheimer dan parkinson.

2.Mengurangi stres
Cokelat dapat melepaskan kecemasan. Menurut sebuah studi yang dilakukan, orang yang makan cokelat sebanyak 40 gram setiap hari selama 2 minggu, mengalami tingkat stres yang lebih rendah.

3.Mengurangi risiko penyakit jantung
Kombinasi dari anti radang dan antioksidan yang terdapat di dalam biji cokelat membuat darah tidak mudah mengental dan mengurangi jaringan parut dalam pembuluh darah. Karena hal ini, makan cokelat menjadi salah satu penyebab berkurangnya risiko penyakit jantung dalam tubuh.

4.Membuat olahraga lebih efektif
Dalam sebuah studi, pesepeda yang makan cokelat hitam sebanyak 1,5 kotak dalam menu makanan setiap hari, mampu meningkatkan kemampuan lari cepat dan stamina dalam latihan olahraga mereka. Sedangkan grup yang menambahkan cokelat putih mendapatkan peningkatan pada sirkulasi darah, metabolisme energi, dan fungsi jantung.

5.Membuat fungsi otak lebih baik
Studi yang dilakukan pada 3 grup orangtua dengan penelitian sebelum dan sesudah meminum berbagai minuman yang terbuat dari cokelat setiap hari selama 8 minggu. Hasilnya, semua peserta mengalami peningkatan menjalani tes kognitif. Hal ini disebabkan karena flavonol yang memperbaiki sirkulasi darah lewat tubuh dan otak, membuat sistem otak bekerja lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here