Olahraga dengan Perut Kosong Membakar Lemak Lebih Banyak, Benarkah?

0
704

Olahraga sering dilakukan banyak orang untuk menurunkan berat badan tubuh. Kalori yang terbakar selama berolahraga, menghasilkan tubuh yang lebih sedikit lemak dan bertambah masa ototnya. Yang unik, ada penelitian terbaru tentang hubungan antara berolahraga dan keadaan perut sebelum melakukan aktifitas ini.

Penelitian tersebut menemukan, orang yang bangun pagi dan langsung berolahraga tanpa makan apapun, dapat membakar lemak lebih banyak, daripada orang yang memilih waktu di sore hari setelah pulang kantor.

Penelitian di University of Bath mencari efek ketika olahraga dengan makanan, serta olahraga tanpa makan, dan hasilnya sangatlah menarik. Studi yang dilakukan kepada 10 pria dengan berat badan berlebih diminta untuk jalan selama 60 menit dengan konsumsi oksigen sebesar 60 persen. Pertama, mereka melakukan kegiatan ini dengan perut kosong, lalu berikutnya mereka melakukannya lagi setelah memakan sarapan yang kaya akan karbohidrat. Peneliti mengambil sampel darah dan jaringan lemak, sebelum dan sesudah berolahraga untuk menganalisa perbedaannya.

Peneliti menemukan, gen PDK4 dan HSL para peserta penelitian meningkat ketika mereka tidak makan sebelum berolahraga. Sedangkan ketika mereka sarapan terlebih dahulu, kedua gen tersebut menurun. Peningkatan PDK4 dan HSL pada orang yang tidak makan sebelum berolahraga, membakar lemak yang terdapat dalam tubuh. Sedangkan pada tubuh yang berolahraga setelah sarapan, membakar lemak dari makanan yang dikonsumsi sebelumnya.

Selain bagus untuk memaksimalkan proses pembakaran lemak, menghindari makanan sebelum berolahraga juga dapat membuat kamu terhindar dari rasa mual ketika bergerak di gym. Apalagi dengan pilihan olahraga yang memiliki intesitas tinggi, sangat tidak disarankan untuk makan terlebih dahulu.

Jika kamu termasuk orang yang tidak bisa pergi atau beraktifitas tanpa menyentuh makanan, cobalah untuk memilih menu yang sehat seperti jus buah, buah-buahan, ataupun sayur-sayuran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here