Apa Itu Pemanis Stevia?

0
1016

Pemanis Stevia akhir-akhir ini naik daun sebagai salah satu pemanis alternatif pengganti gula. Salah satu alasan ia menjadi amat populer, dikarenakan pemanis ini menggunakan ekstrak daun stevia yang natural, dan tidak mengandung pemanis buatan.

Bukan seperti pemanis dengan 0 kalori yang berasal dari di laboratorium,  ekstrak daun ini terbuat dari tumbuhan stevia rebaudiana yang tumbuh di Amerika Selatan. Daunnya mengandung senyawa manis, stevioside dan rebaudioside A, terasa 100 kali lebih manis dari gula biasa.

Karena ekstrak stevia berasal dari tumbuhan, pemanis stevia biasa diperkenalkan dengan pemanis berbahan dasar natural. Namun hal ini masih banyak ditentang, mengapa?

Seorang profesor ahli nutrisi dan makanan menulis dalam blognya, bahwa ekstrak dari daun stevia belum tentu disebut natural karena prosesnya yang melalui lab dan telah melewati penggunaan bahan ethanol. Lalu apakah karena proses tersebut pemanis ini tidak bisa disebut sebagai natural? Hal ini masih abu-abu.

Karena di satu sisi, produk seperti corn syrup yang mengandung fruktosa tinggi, tidak dianggap sebagai pemanis natural. Padahal, jenis gula atau pemanis ini juga berasal dari tumbuhan, yaitu jagung.

Jadi apakah stevia termasuk pemanis natural? Semua tergantung pada keputusan masing-masing. Sama halnya dengan biji kopi, ketika kamu memakan langsung biji kopi pasti tidak terasa kopi. Biji tersebut harus di fermentasi, dikeringkan, dan dipanggang untuk menghasilkan rasa yang kita inginkan.

Untuk cita rasa sendiri, stevia tidak sama dengan pemanis biasa. Terdapat kecapan sedikit pahit yang tidak biasa, diantara rasa manisnya. Jika kamu penasaran, kini beberapa merek pemanis mengeluarkan jenis pemanis berbahan dasar stevia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here