Yang Harus dilakukan Jika Kelilipan

Saat kelilipan, entah mengapa seseorang cenderung kaget dan panik, sehingga banyak yang dengan refleks akan menggosok mata secara keras. Karena keberadaan mata sangat sensitif, memang akan sangat terasa jika ada benda asing masuk ke dalam mata kita.

Baik bulu mata yang patah, debu yang tak sengaja berhembus, pasir, hingga bubuk eyeshadow membuat jadi hilang fokus sesaat dan ingin cepat-cepat dihilangkan

Lalu bagaimana jika benda asing yang masuk ke dalam mata tak hilang hanya dalam sedetik atau dua detik. Selain rasa sakit yang berkepanjangand dan iritasi mata, bisa saja kondisi ini membuat mata jadi terkena infeksi yang lebih serius. Jika lain kali hal ini terjadi, kamu harus ingat dengan hal-hal dibawah ini!

  1. Lakukan dengan tenang

Jika ingin mengeluarkan benda asing, tarik nafas dulu! Tarik nafas mungkin terdengar seperti saran yang aneh saat seseorang sedang terserang panik. Tapi setidaknya menarik nafas membuat kita bisa lebih tenang dan ingat untuk tidak menggosok mata dengan keras. Daripada hanya membuat perih, menggosoknya terlalu keras bahkan bisa berakibat pada kerusakan kornea mata. Apalagi jika benda asing yang masuk memiliki sudut yang tajam seperti pasir. Cuci tangan terlebih dahulu dengan air sebelum mengeluarkan benda asing secara perlahan dan sangat berhati-hati dari mata.

  1. Gunakan air

Membasuh mata dengan air yang mengalir bisa jadi trik yang paling ampuh untuk mengeuarkan benda asing di dalam mata. Jika kamu sedang di dalam rumah ketika kelilipan, kamu bisa mencoba langsung membasuh wajah dengan shower mandi.

  1. Tanyakan dokter

Kelilipan sepertinya sepele, tapi jika benda asing terasa mengganjal lebih dari satu hari lebih baik kamu menemui dokter dan segera memeriksakan kondisi. Orang cenderung tidak peduli dengan benda asing yang masuk ke mata dan membiarkannya berhari-hari, padahal semakin lama benda tersebut tertinggal di dalam mata maka semakin panjang pula kemungkinan kornea mata terinfeksi. Dokter bisa memeriksa kondisi mata dengan biomikroskop, lalu memutuskan tindakan apa yang harus dilakukan selanjutnya. Setelah dokter berhasil mengeluarkan benda tersebut, akan ada antibiotik yang diberikan agar gesekan yang terlanjur terjadi di mata tidak berubah jadi infeksi.

More Stories
Film Terbaru IU Berjudul Persona. Itjeher.com
IU Memerankan Empat Karakter di Film Terbaru, Persona