Tips Mengumpulkan Nyawa Setelah Tidur yang Tak Nyenyak

0
99

Suasana hati di awal hari sangat berpengaruh pada aktifitas seharian. Bahkan dimulai sejak bangun tidur, ritual ‘ mengumpulkan nyawa ’ setiap orang tentunya berbeda-beda. Apalagi kalau tidur yang dilewati tidak nyenyak karena berbagai alasan, bisa-bisa bangun dengan rasa kesal yang terbawa hingga akhir hari.

Begadang alias terjaga hingga larut malam memang membuat waktu tidur jadi semakin sedikit. Drama Korea yang membuat penasaran, sampai pekerjaan kantor yang dibawa pulang ke rumah bisa jadi penyebabnya. Akibatnya ketika alarm berbunyi di pagi hari, kamu belum cukup tidur.

Cara-cara ini akan membantu kamu bangun dengan segar tanpa marah-marah!

  1. Bangun saat bunyi alarm pertama

Apakah kamu tipe orang yang mengatur alarm dengan jumlah yang lebih dari satu? Fitur snooze di alarm memang menggoda untuk ditekan terus menerus. Dalam hati ‘5 menit lagi’, alhasil, kamu terbangun satu jam lagi lalu terlambat. Faktanya, jika kamu tidak tidur cukup di malam hari, kamu harus tetap bangun di jam yang sama seperti ritual rutin biasanya. Ini berguna agar jam biologis tubuh tidak kacau dan pola tidur tetap teratur. Ini bahkan berlaku untuk akhir pekan. Memilih menu snooze pada alarm, hanya akan membuat kamu bangun dengan lebih pusing.

  1. Keluar kamar

Bergegas menjauh dari tempat tidur adalah awal yang baik untuk sebuah pagi. Akan lebih baik jika kamu bisa keluar rumah dan menghirup udara pagi dan terkena sinar matahari yang masih mengandung vitamin D. Jam biologis tubuh pun jadi terbangun dan terpicu untuk menekan melatonin, hormon yang membuat ngantuk. Selain itu, sinar matahari sudah pasti akan membuat suasana hati lebih bahagia karena membuat tubuh melepaskan hormon serotonin, membuat kamu tidak tergesa-gesa saat bersiap memulai hari.

  1. Jangan terlalu banyak minum kopi

Banyak yang menjadikan kopi sebagai bagian ritual pagi. Sebenarnya boleh saja, tapi tak perlu menghabiskan secangkir penuh. Hirup sedikit untuk ‘membangunkan’ tubuh, dan cukup konsumsi kopi hanya satu kali dalam sehari jika memang benar-benar membutuhkanya. Jika kamu meminumnya di pagi hari, maka kamu tak boleh lagi meminumnya di siang hari. Tentu saja karena kafein akan membuat seseorang selalu terjaga di malam hari.

  1. Jangan ketiduran

Saat kurang tidur di malam hari, sedikit ada kesempatan di sore hari tubuh langsung minta diistirahatkan lalu tanpa sadar tertidur. Boleh saja tidur di sore hari, tapi jangan lebih dari 25 menit. Jika lebih lama dari itu, tubuh malah akan melemah dan rasa lelah dimulai dari awal lagi. Lebih buruknya adalah, kamu tidak akan merasa ngantuk di malam harinya, dan kembali kurang tidur di keesokan harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here