Mesin Cuci Berbau Tak Sedap? Berikut Solusinya

0
438

Mesin cuci menjadi benda penyelamat bagi banyak ibu rumah tangga. Alat elektronik yang satu ini, dapat menghemat pekerjaan mencuci baju, hanya dengan menekan tombol-tombol pengatur. Bahkan, teknologi terkini membuat baju dapat langsung kering tanpa harus dijemur.

Namun tahukah kamu, bahwa ternyata mesin cuci juga perlu dibersihkan? Ya, benda yang selalu bersentuhan dengan deterjen dan air bersih ini, ternyata menyimpan banyak jamur yang dapat menyebabkan penyakit.

Buat jadwal secara teratur setiap 6 bulan sekali untuk membersihkan mesin cuci kamu. Berikut beberapa cara praktis, untuk mesin cuci bukaan atas dan depan.

Alat-alat:

Cuka, soda kue, kain handuk microfiber, sikat gigi bekas.

Untuk mesin cuci bukaan atas:

Ubah mode mesin ke air panas dan putaran mesin paling lama, lalu pencet mulai (start). Lakukan proses ini dalam keadaan mesin cuci kosong. Setelah air mulai terisi ke dalam mesin, masukkan 4 cup cuka dan 1 cup soda kue, biarkan bahan tersebut tercampur. Hentikan sementara (pause) putaran mesin, agar campuran tadi bekerja.

Selagi menunggu, celupkan sikat gigi bekas ke cuka untuk membersihkan celah-celah di luar lubang mesin. Contohnya, kamu bisa menyikat kotak tempat menuang deterjen. Setelah campuran tersebut didiamkan selama 1 jam, lanjutkan proses mencuci hingga selesai.

Untuk mesin cuci bukaan depan:

Sebelum memulai, gunakan kain handuk (microfiber) yang telah dicelupkan di air cuka untuk mengelap karet di pintu mesin cuci. Ya, kamu bisa membersihkan jamur-jamur yang menempel membentuk bintik-bintik hitam di karet penutup tersebut.

Selanjutnya, campur ¼ cup soda kue dengan ¼ cup air di dalam wadah deterjen, lalu mulai nyalakan mesin dan putar. Perlu diingat, proses ini dilakukan dalam keadaan mesin kosong tanpa ada baju. Setelah putaran selesai, buka wadah deterjen dan siram air panas hingga wadah bersih. Lalu, tambahkan 1 cup cuka ke wadah dan tutup hingga proses mencuci selesai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here