Kebiasaan Hidup yang Membuat Kamu Bertambah Tua

0
760

Banyak kebiasaan hidup yang tak disangka dapat membuat penampilan terlihat jauh lebih tua. Kebiasaan ini biasanya dilakukan dalam kegiatan sehari-hari, dan tanpa sadar membuat banyak kerugian dalam diri sendiri.

Mulai dari kebiasaan merawat rambut, hingga reflek gerak tubuh, membuat banyak perbedaan, ketika hal tersebut tidak dilakukan.

Apa saja kebiasaan tersebut? Simak paparannya berikut ini.

1. Mengeringkan rambut dengan alat panas

Kenapa membuat tua?
Ketika kamu memaparkan panas pada rambut setiap hari akan membuat bola udara di dalam batang rambut. Bola udara ini yang akan membuat rambut mudah patah, dan batang rambut semakin tipis.

Bagaimana mengatasinya?
Jaga jarak rambut kurang lebih 6 inci dari alat penata rambut. Dengan begini, akan lebih menjaga rambut dari efek kerusakan yang bisa ditimbulkan. Selain itu, kamu bisa mengeringkan ramb ut dengan mode udara dingin yang biasanya tersedia di hair dryer.

2. Camilan biskuit di malam hari

Kenapa membuat tua?
Karbohidrat olahan seperti biskuit, roti, dan lainnya dapat membuat kadar gula darah meningkat secara drastis. Gula tersebut berpindah dari darah ke semua sel tubuh, termasuk ke lemak dan protein. Ketika gula bertemu dengan kolagen tanpa adanya enzim, membuat proses glikasi terjadi. Kombinasi kolagen dan gula ini yang dapat menyebabkan keriput, dan sirkulasi pada kulit terganggu.

Bagaimana mengatasinya?
Daripada mengonsumsi karbo, coba camilan sehat seperti kacang-kacangan, yoghurt, atau edamame.

3. Mengucek mata

Kenapa membuat tua?
Mengucek mata secara kasar, tak hanya dapat merusak bulu mata dan membuatnya rontok. Namun, kebiasaan ini juga dapat membuat trauma pada area bawah mata kamu, membuat kulit menjadi kemerahan. Hal ini yang dapat merubah penampilan menjadi lebih tua dan kelelahan.

Bagaimana cara mengatasinya?
Jika kamu mengalami kesulitan pada penglihatan, segera konsultasikan ke dokter. Selain itu, kurangi menatap layar komputer dan gawai terlalu lama, agar mata dapat beristirahat sejenak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here