Ternyata, 5 Makanan Ini Membuat Tubuh Cepat Mengantuk

0
808

Pada dasarnya, makanan dikonsumsi untuk menambah energi di dalam tubuh. Dengan energi yang kembali terisi, otomatis tubuh akan menjadi segar kembali.

Namun ternyata ada juga jenis makanan yang tidak membuat tubuh berenergi, namun justru terserang kantuk. Jenis makanan tersebut, pasti tidak seperti yang kamu kira sebelumnya.

Apa saja? Baca lebih lanjut di bawah ini.

Salad

Terbilang sebagai salah satu makanan sehat dan penuh vitamin, namun salad ternyata memiliki sisi negatif juga. Satu mangkok berisi daun selada, wortel, timun, dan ragam sayuran lain beserta sausnya berarti kamu mengurangi porsi karbohidrat dan protein.

Jika kamu mengonsumsi menu makanan ini, otomatis kamu hanya menelan kurang lebih 200 kalori sayur-sayuran yang  ternyata tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh. Tak heran, tubuh akan terasa lemas dan mengantuk setelah beberapa saat memakan salad.

Agar seluruh kebutuhan nutrisi terpenuhi, pilih isi salad yang tepat. Gunakan sayuran seperti jamur, kembang kol, paprika, dan daun kale. Lalu, tambahkan protein seperti ayam dan karbohidrat kompleks seperti quinoa atau edamame.

Keju dan Yoghurt

Produk berbahan dasar susu bisa juga menjadi penyebab tubuh kelelahan. Di saat tubuh semakin menua juga bisa mengalami kesusahan mencerna produk berbahan dasar susu, tidak seperti saat masih kecil. Salah satu tanda tubuh bermasalah saat mencerna adalah timbulnya rasa lelah.

Mekanismenya secara garis besar adalah tubuh menangkap sinyal yang salah terhadap masuknya protein dari susu, dan meningkatkan sistem imun terhadap protein tersebut. Tubuh menyusun antibodi untuk melawan protein dari susu, hasilnya tubuh menjadi lelah.

Pisang atau kacang-kacangan

Pisang mengandung magnesium yang dapat merileksasi otot tubuh. Maka itu, banyak orang yang mengalami keram otot disarankan mengonsumsi pisang. Sama halnya dengan kacang yang kaya akan magnesium , juga dapat membuat orang cepat terlelap.

Makanan Manis yang biasanya tidak dikonsumsi

Salah satu kekurangan ketika diet ketat dan sehat adalah, ketika menerima makanan yang tinggi kadar gula, tubuh tidak dapat menerima dengan baik. Saat kamu mengurangi konsumsi lemak dan gula, otomatis tubuh mengurangi produksi getah lambung, yaitu enzim yan membantu mencerna lemak dan gula dengan mudah. Maka itu, ketika tiba-tiba gula masuk dengan jumlah yang banyak, tubuh menjadi kaget.

Selain mengganggu proses pencernaan, kelebihan gula secara tiba-tiba dapat mengurangi energi. Perasaan lemas seperti belum makan akan muncul karena hal tersebut. Tubuh menjadi sangat letih, seperti ingin segera tidur dan beristirahat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here