Daftar Buah yang Paling Mudah Menyerap Pestisida

0
889

Mencuci buah-buahan yang baru saja dibeli adalah hal yang paling wajib dilakukan sebelum mengonsumsinya. Karena kamu pasti sudah sering mendengar bahaya pestisida yang menempel pada buah, atau lilin yang melindungi buah untuk membuatnya awet. Ternyata, tak hanya sekedar mencucinya, baru-baru ini laporan dari Environmental Working Group (EWG) mengeluarkan daftar buah yang paling mudah menyerap pestisida. Laporan ini tentunya telah dikaji terlebih dahulu oleh US Department of Agriculture and Food and Drug

Artinya, buah-buahan yang masuk dalam datar ini jika telah terpapar pestisida nutrisinya lebih mudah terkonaminasi dan residunya sintetisnya akan sulit untuk dibersihkan.

Pestisida memang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh, terutama untuk imunitas bayi, ibu hamil dan anak kecil. Jika terhirup saja bisa menyebabkan radang tenggorokan, apalagi jika tertelan maka bisa mengakibatkan alergi, bahkan keracunan.

Menurut laporan tersebut, strawberi adalah buah yang paling mudah terkontaminasi, dan bayam keluar sebagai jenis sayur yang paling mudah terkontaminasi.

Berikut adalah daftar buah dan sayur yang paling mudah terkontaminasi :

  1. Strawberi
  2. Bayam
  3. Nectarine (masuk dalam keluarga buah persik)
  4. Apel
  5. Peach
  6. Pir
  7. Cherry
  8. Anggur
  9. Seledri
  10. Tomat
  11. Paprika
  12. Kentang

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Semua buah dan sayur yang dikonsumsi sehari-hari kebanyakan masuk ke dalam daftar ini. Cara teramannya adalah memilih buah dan sayur organik khusus untuk daftar ini, atau bahkan memulai urban gardening untuk memastikan sayur dan buah tersebut benar-benar bersih.

Tapi jangan khawatir, disamping daftar buah dan sayur yang mudah terkontaminasi, dikeluarkan juga daftar buah dan sayur yang relatif aman. Berikut daftarnya :

  1. Jagung Manis
  2. Alpukat
  3. Nanas
  4. Kol
  5. Bawang
  6. Sweet pea
  7. Pepaya
  8. Asparagus
  9. Mangga
  10. Terong
  11. Melon
  12. Kiwi
  13. Melon Jingga
  14. Kembang Kol
  15. Anggur

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here