Anak Bayi Sakit? Lakukan Ini

0
291

Bagi orangtua baru, bayi sakit merupakan bencana besar. Ketika semua hal tentang mengurus bayi baru saja dipelajari, melihat bayi rewel dan sakit membuat kepanikan tersendiri.

Apalagi ketika musim pancaroba seperti cuaca akhir-akhir ini, pastinya kita tidak bisa menghindar ketika daya tahan tubuh bayi menurun dan terkena penyakit flu ataupun batuk.

Agar tidak panik, berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan ketika anak bayi sakit terserang penyakit.

  1. Jangan terlalu ketat terhadap jadwal tidur

Ketika bayi merasa tidak enak badan, tidur nyenyak merupakan hal yang susah didapatkan oleh para bayi. Bayi akan cenderung lebih rewel , minta digendong terus menerus, atau bahkan hanya bisa tidur di tempat-tempat yang tidak biasa seperti di kereta dorong dan car seat. Ikuti kemauan bayi ketika ia sedang tidak enak badan, ini adalah salah satu cara mereka untuk mencari kenyamanan.

  1. Menyusui

Jika bayi kamu masih menyusui, lakukan hal tersebut sebagai obat alami bagi si kecil. Air susu ibu mengandung berjuta nutrisi yang dapat memerangi virus penyakit.

  1. Hubungi dokter

Ketika kita menjadi orangtua baru, segala sesuatu terlihat amat menakutkan, termasuk bayi sakit. Agar merasa lega dan mendapatkan jawaban yang tepat, hubungi dokter spesialis anak.

  1. Basuh dan mandi

Jika anak bayi mengalami demam, mandi dengan air hangat atau dibersihkan dengan lap dapat menurunkan demam. Selain itu, berendam di air hangat dapat melancarkan area pernafasan ketika bayi susah bernafas karena flu.

  1. Buat suasana yang nyaman

Bayi yang sakit pasti butuh istirahat dalam suasana yang nyaman. Karena itu, buat kamar tidur senyaman mungkin dengan pencahayaan yang redup, dan dekapan ibu yang nyaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here