Alergi Anak Karena Gadget, Mungkinkah?

0
494

Alergi anak adalah hal yang paling dihindari oleh orangtua. Namun, angka terjadinya alergi semakin meningkat seiring perubahan pola hidup masyarakat modern. Yang paling sering terjadi adalah alergi kulit berupa rasa gatal dan kemerahan bahkan bengkak pada kulit.

Biasanya, makanan seringkali disangka menjadi penyebab utama terjadinya ruam pada kulit. Reaksi alergi terjadi akibat sistem kekebalan tubuh keliru merespon protein yang berasal dari makanan dan menganggapnya sebagai sebuah ancaman. Namun, tahukah kamu bahwa baru-baru ini ada sebuah riset yang mengungkapkan jika alergi kulit pada anak bisa disebabkan karena gadget.

Pada tahun 2014, sebuah kasus di California mengungkapkan seorang anak laki-laki berusia 11 tahun mengalami ruam yang diakibatkan iPad tablet generasi pertama miliknya. Ketergantungan anak pada gadget memang banyak menuai pro kontra. Di satu sisi membantu orang tua memberi kenyamanan pada anak, disisi lain menimbulkan banyak masalah seperti susah fokus, infeksi mata dan ternyata yang terbaru ini alergi kulit.

Foto : Pixabay

Kondisi ruam bahkan bisa menjadi eczema lalu menyebar di seluruh tubuh. Alergi ini ternyata disebabkan oleh nickel yang terdapat di dalam gadget seperti tablet, smartphone, laptop, hingga jam tangan digital. Terjadinya kontak yang sering antara kulit dengan gadget akan menimbulkan sensitifitas yang menyebabkan alergi, biasa digolongkan pada ACD atau Allergic Contact Dermatitis yang disebabkan paparan elemen kimia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here