Tips Kesehatan Jitu adalah Hindari Stress

0
765

Tips kesehatan yang tidak boleh dianggap sepele adalah hindari stress. Stress tanpa kita sadari dapat mempengaruhi kesehatan fisik. Stres adalah ketegangan emosional maupun fisik yang disebabkan oleh karena adanya tanggapan diri kita terhadap tekanan dari dunia luar.

Karena memang pengaruh buruk negatif stress terhadap kesehatan tidak sedikit jumlahnya. Reaksi psikologis dan fisiologis atas perubahan situasi yang tidak dapat diterima ini akan merangsang pelepasan hormon kortisol yang memiliki efek merusak tubuh.

Tips kesehatan hindari stress adalah meditasi. itjeher.com

Berikut beberapa tanda gejala orang yang sedang mengalami stress dan depresi antara lain, Insomnia, sembelit, diare, sakit perut, sakit kepala, kelelahan, depresi, mudah marah, nafsu makan tidak teratur, mengucilkan diri dan tubuh mudah terkena sakit.

Ada cara yang mudah untuk mengatasi stress, yaitu melakukan hobi. Hobi merupakan suatu kegiatan yang dipercaya dapat menenangkan pikiran seseorang jika dilakukan. Tujuannya adalah untuk mendapatakan suatu kesenangan sehingga menjadi hiburan tersendiri bagi pikiran dan jiwa sesorang. Misalnya, memasak, melukis, merangkai bunga, otomotif, mengumpulkan barang antik dan lain sebagainya.

Kedua adalah melakukan komunikasi atau berbicara hingga berbagi cerita tentang permasalahan atau beban hidup kepada seseorang sangat baik untuk mengurangi beban yang dialami dan mengatasi stres.

Ketiga, meditasi. Melakukan meditasi merupakan hal yang dapat mengatasi stres karena dapat membersihkan pikiran hingga mampu membuat seseorang untuk berkonsentrasi. Hal ini bisa terjadi karena meditasi mampu mampu membuat pernapasan lebih teratur, detak jantung dan tekanan darah menjadi normal, hingga mampu menurunkan kadar hormon stres yang sebelumnya dipompa oleh kelenjar adrenalin.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here