3 Cara Memaafkan Pasangan yang Selingkuh

0
861
Memaafkan Pasangan Selingkuh. Itjeher.com

Banyak orang yang tidak memaafkan pasangan yang selingkuh. Hal ini terkadang membuat luka yang mendalam, dan membuat kepercayaan diri seseorang menjadi jatuh.

Memaafkan pasangan memang tidak semudah teorinya. Banyak orang yang memaafkan, namun memendam luka yang besar di dalam hati.

Butuh langkah-langkah yang tepat, agar perselingkuhan tersebut tidak membuat hubungan menjadi semakin retak, namun kembali mempererat pasangan. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memaafkan pasangan yang selingkuh.

Mengakui emosi yang sedang dirasakan

Jangan menyepelekan perasaan yang kamu alami, menganggap rasa tersebut tidak ada. Sebaiknya, akui emosi tersebut dan hadapi dengan hati yang kuat. Hadapi emosi tersebut dan ungkapkan melalui berbagai cara, misalkan dengan menulis di buku harian, atau bercerita dengan sahabat.

Jangan terkejut jika kamu merasa dikhianati, sakit, marah, kesal, sedih, dan bingung. Semua perasaan itu amat normal. Dengan perasaan tersebut, kamu justru dapat menilai seberapa penting pernikahan ini amat berarti bagi diri kamu dan pasangan.

Lepaskan emosi dengan cara yang sehat

Terutama jika kamu merasa marah, jangan bertindak secara gegabah, misalnya ingin balas dendam terhadap suami. Hal ini tidak membuat kamu merasa lebih baik dan akan memaafkan pasangan. Lebih baik, cari cara untuk melepaskannya dengan cara yang sehat.

Jika kamu merasa marah, ekspresikan dengan berolahraga seperti muay thai, atau berlari. Menulis jurnal juga dapat menjadi pelepasan emosi-emosi tersebut, atau melepaskannya lewat seni, bermusik, atau berdansa. Hindari alkohol atau obat-obatan untuk mengatasi masalah emosi.

Bila butuh, cari waktu untuk menyendiri

Mencari waktu dan ruang untuk menyendiri adalah hal yang amat layak dimengerti, saat hal seperti ini terjadi. Tinggal bersama dengan pasangan yang baru saja tertangkap berselingkuh akan terasa amat berat. Sebaiknya, pergi ke rumah sahabat atau saudara untuk sementara waktu, untuk menjernihkan pikiran.

Hal ini akan lebih sulit jika kamu sudah memiliki anak. Sebaiknya, beritahu kepada mereka bahwa kamu pergi hanya untuk sementara waktu, agar tidak ada prasangka buruk. Beritahu pula terhadap pasangan kamu yang baru selingkuh, bahwa ini salah satu cara untuk bersatu kembali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here