Risiko Berhubungan Intim saat Menstruasi

0
381
Seks saat Menstruasi. Itjeher.com

Banyak yang bilang, berhubungan seks saat menstruasi tidak baik bagi sebuah pasangan. Namun, banyak juga yang bilang hal ini justru disarankan karena baik bagi kesehatan, yang mana yang benar?

Ternyata, bercinta saat menstruasi memang memiliki keuntungan dan kerugian. Keuntungannya antara lain melepaskan hormon endorfin yang baik untuk mengurangi kram selama menstruasi.

Namun, risiko berhubungan seks juga tidak boleh disepelekan. Berikut beberapa hal yang wajib kamu perhatikan.

  • Risiko terkena penyakit menular seksual lebih tinggi saat menstruasi, dibandingkan bercinta di luar masa menstruasi. Saat menstruasi, kondisi leher rahim akan terbuka, sehingga memungkinkan darah untuk masuk ke dalamnya. Hal tersebut memudahkan bakteri untuk menuju rongga panggul.
  • Kamu juga lebih mungkin untuk menularkan penyakit HIV dan hepatitis ke pasangan saat kondisi seperti ini, karena lebih banyak cairan tubuh atau darah yang keluar.
  • Vagina memiliki kadar potential Hydrogen(pH) 3,8 hingga 4,5 setiap bulan. Namun selama menstruasi, kadar pH tersebut meningkat karena tingkat pH darahnya menjadi lebih tinggi, dan hal ini menyebabkan ragi atau jamur menjadi tumbuh lebih cepat. Gejala infeksi jamur vagina lebih cenderung terjadi seminggu sebelum menstruasi, dan berhubungan seks saat itu dapat memperburuk gejala yang ada.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here