Artikel Terbaru

Jokowi Ngunduh Mantu 3 Hari Penuh

Jokowi ngunduh mantu di Medan, tempat kediaman keluarga Bobby Nasution dan akan berlangsung selama 3 hari dari tanggal 24 hingga 26 November 2017. Sesuai dengan asal menantunya, acara akan digelar dengan adat Mandailing dan adat Tapanuli Selatan.

Acara ini mungkin terdengar lebih meriah daripada resepsi awal yang diadakan di Graha Saba Buana Solo selama 1 hari. Nyatanya, sudah menjadi tradisi sejak dahulu jika pernikahan adat Batak selalu dilaksanakan dalam jangka waktu yang panjang. Rangkaian adat bahkan sudah dimulai sejak 21 November, dilanjutkan dengan acara adat lainnya di tanggal 24 dan 25, lalu ditutup dengan resepsi tanggal 26 November.

jokowi ngunduh mantu (foto: www.instagram.com/ayanggkahiyang) itjeher.com

Acara akan dimulai dengan pemberian marga kepada putri Jokowi, Kahiyang Ayu yang berdarah Jawa. Nantinya kahiyang akan mendapat marga Siregar, marga yang sama dengan ibu kandung Bobby Nasution. Dalam adat batak, pemberian marga sesuai dengan marga ibu kandung suami karena mengikuti konsep pariban. Pariban bagi laki-laki adalah putri saudara laki-laki ibu kandungnya, sama halnya dengan Kahiyang diangkat menjadi saudara bagi ibu kandung Bobby.

Apalagi dalam acara ini seluruh raja-raja Tapanuli Selatan akan diundang. Berkaitan dengan status silsilah Bobby yang masih keturunan Raja Gunung Baringin Nasution dari Tapanuli Selatan. Artinya semakin banyak tetua yang memberi petuah pada pengantin membuat acara semakin lama. Acara Jokowi ngunduh mantu ini, memang kaya dengan adat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *