Formula Sunblock Ini Ternyata Berbahaya Bagi Lingkungan

0
989
Foto : Pexels itjeher.com

Menggunakan sunblock sudah jadi langkah perawatan kecantikan yang pantang dilewatkan. Namun jika salah memilih kandungan, tak hanya kulitmu saja yang akan terkena dampaknya bahkan lingkungan tempat tinggal pun ternyata bisa ikut terjangkit bahayanya.

Baru-baru ini, negara bagian Amerika Hawaii yang berupa kepulauan memberi imbauan pada masyarakatnya untuk menghindari penggunaan sunblock yang dapat mencemari lingkungan. Sebagai negara yang juga destinasi wisata dengan garis pantai cukup panjang, penggunaan produk pelindung kulit dari sinar matahari buruk ini tentu saja jumlahnya termasuk tinggi.

Tak hanya imbauan, pembuat kebijakan di Hawaii bahkan mulai menggarap larangan ini secara serius dengan pelarangan penjualan sunblock dengan formula tertentu. Formula yang masuk dalam daftar pelarangan adalah oxybenzone dan octinoxate. Mengejutkan, karena dua formula ini termasuk yang paling banyak ada di daftar formula yang tertulis di kemasan produk. Terutama sunblok dengan tipe kimia.

BACA JUGA :

Parfum Gucci Baru Kolaborasi dengan Para Seniman Perempuan

Rangkaian Riasan Mata dari Dior

Koleksi Kosmetik Fatamorgana dari Ivan Gunawan

 

Bahaya yang ditimbulkan termasuk perusakan karang yang mengancam kehidupan laut. Dampaknya dirasakan tak hanya dari wisatawan yang menyelam sambil menggunakan formula tersebut, namun dari air bekas mandi orang yang menggunakan sunblock lalu pembuangannya langsung dialirkan ke laut.

Walau sunblock tipe kimia ini dianggap menjadi dalangnya, ternyata ada beberapa formula yang masih dianggap aman untuk lingkungan diantaranya avobenzone, octisalate, octocrylene, dan homosalate. Jika ingin lebih aman lagi, ada baiknya memilih sunblock dengan tipe fisik yang biasanya terdiri dari zinc oxide atau titanium dioxide.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here