Yuk ! Basmi Masalah Kulit Wajah dengan Melakukan Perawatan Eksfoliasi

0
464

Untuk memiliki kulit wajah lebih cantik, cerah atau awet muda dapat melakukan berbagai perawatan kecantikan. Salah satunya melakukan perawatan eksfoliasi atau chemical peeling. Proses dari perawatan ekafoliasi ini guna mengangkat sel-sel kulit mati, atau akan membantu menyamarkan garis-garis halus diwajah, menghilangkan jerawat dan lainnya.

Memang banyak yang beranggapan bahwa perawatan ini  dapat menyisakan iritasi seperti kemerahan, penipisan sel kulit wajah hingga mudah berjerawat. Sehingga enggan melakukan metode ini.

Nyatanya, menurut seorang dermatologist, Melyawati Hermawan, SpKK, eksfoliasi sangat penting. Karena dapat membantu seseorang membersihkan wajah dan memberikan efek positif seperti kulit wajah cerah dan bebas kusam.

BACA JUGA :

4 Tren Rambut Pria di Tahun 2018

Mencegah Kulit Kering Selama Puasa

“Sumber masalah kulit utama kita,  ujung-ujungnya selalu sel kulit mati. Sel kulit mati yang menumpuk dan tidak dibantu (dihilangkan), tidak akan pergi dan itu akan membuat tampilan wajah menjadi tidak baik,” uajrnya.

Nah ! untuk mengeskfoliasi kulit wajah, kamu tak harus membeli produk eksfoliator yang mungkin saja mengandung bahan kimia berbahaya. Kamu dapat memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumahmu dan membuatnya sendiri.

Caranya :

  • Masker Eksfoliasi Kopi

Tekstur kopi juga sangat cocok digunakan sebagai bahan eksfoliasi alami untuk kulit wajah. Di samping itu, caffeic acid yang terkandung di dalamnya juga memiliki khasiat anti inflamasi dan mampu meningkatkan produksi kolagen. Seperti halnya kopi yang menstimulasi tubuh kita di pagi hari usai meminumnya, begitu juga ketika digunakan pada kulit. Kulit akan terstimulasi.

Bahan-bahan:

1 sdm kopi bubuk

1 sdm air atau minyak zaitun.

Langkah-langkah:

Untuk membuat scrub eksfoliasi, kombinasikan kopi dan air atau minyak zaitun. Kamu juga bisa menggunakan endapan kopi yang sudah kamu buat untuk  minuman. Kemudian gosokkan scrub ini pada wajah, dan diamkan selama beberapa saat, dan bilas. Kalau kamu menggunakan minyak zaitun, kamu tidak perlu memakai pelembab setelahnya karena minyak zaitun sudah membuat kulitmu sangat lembab.

  • Masker Eksfoliasi Oatmeal

Oatmeal juga memiliki manfaat untuk membuat kulit wajahmu menjadi lebih bersih, menyingirkan sel kulit mati, dan mengurangi minyak dalam kulit wajah.

Bahan-bahan:

Oatmeal

Madu/ yoghurt/ buttermilk

Langkah-langkah:

Oatmeal dapat menjadi masker eksfoliasi yang lembut, cocok untuk kulit yang sensitif. Masker ini dapat membuat anti peradangan dan melembapkan. Campur oatmeal dengan madu atau kefir. Kamu juga bisa menggantinya dengan yoghurt atau buttermilk (mentega susu). Baurkan pada wajahmu dan scrub wajahmu dengan gerakan memutar, biarkan selama 15-30 menit, bilas, dan bersihkan seperti biasa.

Penulis : Rani Ayu Utami

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here