Manfaat Cengkeh untuk kecantikan Kulit Wajah dan Rambut

0
3189

Satu lagi bahan alami yang bisa diambil manfaatnya untuk kita. Yaitu tanaman cengkeh yang tidak hanya berguna untuk mengatasi berbagai penyakit namun juga bermanfaat untuk kecantikan kulit wajah dan rambut.

Salah satunya mengatasi Jerawat. Minyak cengkeh merupakan salah satu herbal yang dari berbagai penelitian yang sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat. Caranya sangat mudah yaitu dengan mengoleskannya pada daerah jerawat tersebut. Kemungkinan jerawat yang tersebar di wajah mungkin dapat dihilangkan dengan membunuh bakteri dengan bantuan sifat antimikroba dari minyak cengkeh.

Selain itu, dapat menghilangkan noda dan guratan di kulit yang disebabkan oleh luka atau penyebab lainnya. Minyak ini dapat membantu membuat kulit lebih lembut agar tidak tampak jelek jika terkena guratan. Dan antioksidan didalamnya, dapat mengobati kulit lebih cepat dari dalam.

BACA JUGA :

Trik Agar Rambu Tetap Cantik Saat Bangun Pagi

Vitamin Pada Wortel, Baik Untuk Kesehatan Rambut

Sedangkan untuk rambut, minyak cengkeh dapat dijadikan sebagai kondisioner untuk memperbaiki berbagai masalah terhadap rambut seperti menghitamkan, memperbaiki rambut kering dan sebagainya.

Minyak cengkeh juga dapat membantu mencegah rambut dari kerontokan yang dapat menyebabkan kebotokan, caranya sangat mudah yaitu dengan mengoleskannya di kulit kepala 5-15 menit lalu di bilas bersih.

Cara membuat minyak cengkeh :

  1. 5 – 10 butir cengkeh dapat menghasilkan sekitar 30 ml minyak.
  2. Siapkan sebotol minyak zaitun extra virgin. Minyak zaitun berfungsi sebagai minyak pembawa yang akan membantu mengekstrak khasiat dari cengkih. Kamu boleh menggunakan minyak zaitun virgin atau extra virgin.
  3. Siapkan botol atau stoples kaca sebesar 30 ml. Tuangkan minyak zaitun sekitar 2,5 cm ukuran stoples.
  4. Masukkan 5 – 10 butir cengkeh kedalamnya.
  5. Tutup dan kocok stoples. Pastikan untuk menutup stoples dengan rapat sebelum mengocoknya 3-4 kali. Langkah ini bertujuan memastikan minyak dan cengkih tercampur rata.
  6. Biarkan stoples selama 10-14 hari. Minyak zaitun membutuhkan waktu untuk berinteraksi dengan cengkih dan mengekstrak senyawa berkhasiatnya. Letakkan stoples di tempat gelap dan pastikan menutupnya rapat-rapat untuk menghindari kontaminasi.
  7. Kamu boleh membiarkan cengkih bubuk atau utuh berada di dalam minyak atau menyaringnya. Hal ini bergantung pada selera . Untuk menyaring cengkih, letakkan kain keju atau filter kopi di atas stoples kaca bersih. Pertahankan posisi kain atau filter dengan mengikatkan karet gelang di mulut stoples. Tuangkan minyak perlahan-lahan melalui kain atau filter. Cengkih akan terpisah dari minyaknya.
  8. Jika kamu memutuskan untuk tidak menyaring cengkih dari minyak, kamu bisa menggunakan cengkih yang sama berulang-ulang dengan menuangkan minyak zaitun yang baru kemudian membiarkannya selama 10-14 hari. Setelah digunakan sebanyak 2-3 kali, cengkih sebaiknya diganti dengan yang baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here