Cara Mengatasi Jerawat Hormonal

0
1867
Foto : Instagram/Pixabay itjeher.com
Foto : Instagram/Pixabay itjeher.com

Masalah jerawat hormonal terjadi akibat fluktuasi hormone di dalam tubuh yang dapat terjadi kapanpun di waktu-waktu tertentu di dalam hidup. Beberapa diantaranya adalah ketika mengalami masa puber, kehamilan, sedang merencanakan kehamilan hingga saat menopause.

Biasanya jerawat hormonal ini akan muncul di area yang cenderung berdekatan, dengan kulit yang merah akibat terinflamasi dan terasa sakit. Selain jerawat dengan cairan, ada juga jerawat yang dibarengi dengan komedo berupa blackheads atau whiteheads.

Seringkali jerawat tipe ini muncul di bagian dagu dan rahang, tapi tak menutup kemungkinan muncul di punggung, dada hingga bagian tengkuk.

BACA JUGA :

Boneka Muslim Asal Australia, Salam Sisters

5 Buah Yang Tepat untuk Sahur

Koleksi Ria Miranda Terbaru Ramah untuk Ibu Menyusui

Untuk mengatasinya tak bisa menggunakan jalan pintas, namun ada beberapa cara yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Ini dia beberapa diantaranya!

  1. Pil Kontrasepsi

Obat minum yang mengandung estrogen bisa membantu mengurangi kelebihan sebum dan produksi androgen. Banyak cerita sukses dari pemakaian pil ini, tapi jika berhenti mengonsumsinya, jerawat mungkin kembali lagi.

  1. Akupuntur

Cara pengobatan Cina ini merawat seluruh sistem tubuh lalu mendorongnya untuk mengurangi inflamasi dan mendetoks racun di tubuh. Dengan sirkulasi darah yang lebih lancar dan energi yang mampu menyeimbangkan hormon, cara ini patut dicoba!

  1. Produk

Walau kebanyakan menganjurkan untuk minum obat oral, produk yang dipakai dari luar bisa juga digunakan sebagai cara pertama. Misalnya saja kandungan retinoid yang merupakan vitamin A bisa bantu mengurangi jerawat hormonal.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here