Ini Alasannya Makeup dengan SPF Tak Bisa Gantikan Sunblock

0
283
Foto : Pixabay Itjeher.com
Foto : Pixabay Itjeher.com

Makeup dengan SPF (sunblock protecting factor) memang terlihat menjanjikan perlindungan untuk kulit dari bahaya sinar matahari. Sayangnya produk makeup seperti ini ternyata tak pernah dapat menggantikan fungsi sunblock atau sunscreen sesungguhnya.

Walau berpikir menggunakan makeup dengan SPF lebih baik daripada tidak menggunakan sunblock sama sekali, tambahan SPF pada makeup biasanya tidak memberikan perlindungan penuh dari sinar ultraviolet.

Faktanya tambahan SPF pada makeup hanya melindungi kulit dari bahaya sinar UVB, dan tidak melindunginya dari sinar UVA. Padahal sinar UVA dikenal dapat memancar melewati media yang dianggap bebas sinar matahari, seperti kaca mobil, jendela rumah, bahkan saat hari berawan atau sedang hujan sekalipun.

BACA JUGA :

Tips Menyamarkan Pinggul Agar Terlihat Lebih Ramping

Memesan Setelan Jas Lewat Aplikasi Stevano Brill

Musim ke Tiga Stranger Things Laku Keras

Sinar UVA sendiri lebih membahayakan daripada sinar UVB, dan sering dijadikan penyebab utama dari penuaan dini serta kanker kulit.

Masalah lainnya, seringkali makeup dengan SPF ini dipilih yang memiliki jumlah SPF paling tinggi dengan harapan dapat lebih melindungi kulit. Padahal syarat menggunakan sunblock yang efektif adalah dengan menggunakannya dalam jumlah yang cukup banyak. Dalam hal ini tentu saja tidak mungkin dilakukan pada makeup. Karena kamu tentu tak ingin makeup terlihat tebal dan berakhir pecah karena digunakan terlalu banyak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here