Ini Dia Penyebab Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Pernah merasa bibir kering hingga pecah-pecah? Ternyata masalah bibir yang satu ini memiliki banyak sebab. Selain pengaruh cuaca dan asupan air yang tidak cukup di dalam tubuh, produk perawatan yang menjadi perangkat penting untuk menjaga kelembapan bibir dapat menimbulkan masalah juga.

Seperti dilansir oleh Allure.com, Sejal Shah, seorang dermatolog, menjelaskan bahwa bibir pada dasarnya adalah bagian kulit yang paling sensitif. Kulit bibir adalah bagian yang paling tipis dan tidak memiliki kelenjar minyak seperti pada area kulit lainnya. Karena itu, bibir menjadi lebih rentan dan mudah kering serta pecah-pecah.

Hal ini juga yang menyebabkan bibir lebih sensitif terhadap beberapa kandungan produk perawatan seperti fenol, sodium lauryl sulfate, dan mentol. Padahal, jenis-jenis senyawa tersebut sering ditemukan pada produk sehari-hari seperti pasta gigi dan pelembap bibir. Maka, tak heran bibir akan sangat mudah kering dan terenggut kelembapannya jika kamu salah memakai produk perawatan. Apalagi jika bibir bereaksi menjadi kemerahan dan gatal, kondisi ini bisa dikatakan lebih parah daripada iritasi biasa.

Jika kamu memiliki jenis kulit bibir yang sensitif, atau gampang pecah-pecah, gantilah produk perawatan dengan yang memiliki kandungan lebih ringan. Selain itu, pastikan tidak memilih produk perawatan bibir dengan bahan pewangi atau perasa.

Masalahmu akan menjadi lingkaran yang tidak ada habisnya jika produk perawatan yang kamu gunakan memiliki kandungan yang membuat bibir semakin kering. Jika bibir terasa kering, kamu akan semakin sering menggunakan pelembap bibir. Padahal, produk ini hanya memberikan kelembapan sementara, sebelum bibir terasa semakin pecah-pecah.

Jadi, mulai sekarang, usahakan mencermati kandungan produk perawatan bibir pilihanmu. Jika bibirmu mudah kering dan gampang pecah-pecah, pilihlah pelembap bibir dengan bahan yang sederhana. Atau, rawatlah bibir dengan bahan-bahan alami seperti masker madu, minyak zaitun, atau minyak kelapa. Selamat mencoba!

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.

More Stories
Inovasi Ekstensi Bulu Mata di Salon Itjeher