Mengeringkan Rambut Tanpa Merusaknya

0
839

Udara panas dan lengket setiap hari, ditambah aktifitas padat menambah masalah pada rambut. Akibatnya, rambut pasti lepek di akhir hari dan wajib ditata ulang. Dari mulai mengeringkan rambut hingga menata di keesokan harinya, yang menjadi tantangan tentu waktu yang sempit di pagi hari, sebisa mungkin rambut tetap maksimal sebelum berangkat kerja.

Untuk yang memiliki kulit kepala berminyak, pasti memilih untuk mencuci rambut setiap hari. Jika sudah basah, rambut perlu segera dikeringkan. Namun mengeringkannya dengan pengering rambut setiap hari, sudah pasti membuat rambut tersiksa.

Memang banyak yang mengatakan akan lebih baik jika rambut dibiarkan kering dengan sendirinya. Tapi selain tak mungkin keluar rumah dengan rambut masih basah (apalagi harus langsung mengenakan helm ketika naik ojek langganan), rambut basah yang dibiarkan terlalu lama juga bisa menyebabkan kutikula rambut pecah dan berakibat buruk pada batang rambut.

Jadi, ini dia yang perlu kamu lakukan agar rambut tetap kering tanpa merusaknya!

  1. Keringkan dengan handuk

Kamu mungkin ingin rambut segera kering dan buru-buru menggunakan hair dryer. Tapi sebaiknya sebelum menggunakan hair dryer, pastikan rambut telah setengah kering dengan memakai handuk secara benar. Tekan-tekan rambut dan remas dengan lembut menggunakan handuk hingga air sisa keramas terserap. Jangan memeras rambut dengan handuk karena selain merusak kutikula juga akan menyebabkan rambut kaku setelah kering.

  1. Jangan disisir dulu

Rambut yang telah kering lebih kuat daripada rambut yang masih basah. Menyisir rambut dalam keadaan basah akan membuat rambut patah dan rontok. Jika rambut benar-benar kusut sehabis keramas, gunakan leave in conditioner terlebih dahulu lalu sisir dengan tangan pelan-pelan.

  1. Temperatur panas rendah

Temperatur panas yang tinggi hanya bisa digunakan pada rambut yang telah benar-benar kering. Jika rambut masih basah, gunakan temperatur panas paling rendah atau temperatur dingin pada hair dryer. Jika kulit kepala cepat berkeringat saat menggunakan hair dryer, artinya temperatur hair dryer terlalu tinggi.

  1. Catok ketika sudah kering

Menata rambut dalam keadaan basah akan membuat rambut rusak, bahkan secara permanen. Saat rambut basah dicatok, tak hanya batangnya saja yang melemah tapi warna rambut bisa dengan cepat berubah juga. Terutama jika rambut diwarnai, maka akan lebih sensitif terhadap temperatur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here