Hati-Hati! Kebiasaan Ini Dapat Membuat Rambut Rontok

0
808

Rambut rontok menjadi sebuah masalah rambut yang kerap dialami banyak orang. Bila pada pria rambut rontok bukan masalah besar, berbeda dengan para perempuan. Rambut rontok dapat membuat penampilan menjadi kusam dan tidak sehat.

Dari beberapa kebiasaan merawat rambut yang biasa dilakukan, ternyata banyak yang secara tidak sadar membuat rambut mudah rontok.

Apa saja kebiasaan tersebut? Simak beberapa poin berikut ini.

Gaya rambut yang menyiksa

Ketika kamu sering mengikat rambut dengan gaya ponytail, bun, atau kepang yang ketat, hal ini menyiksa rambut dan kulit kepala. Lebih parahnya, beberapa gaya rambut ini dapat membuat rambut rontok  dan kebotakan karena ikatan yang terlalu keras pada batang dan akar rambut.

Agar terhindar dari rontok, sebaiknya longgarkan sedikit ikatan agar rambut bisa ‘bernafas’. Selain gaya tataan rambut, jepit dan hair extension juga dapat membuat kebotakan karena tarikan secara terus menerus.

Tidak mengetahui efek samping

Beberapa pengobatan memiliki efek samping pada rambut. Obat-obatan tersebut seperti pil KB, pengobatan tekanan darah, obat jerawat, serta penurun kolestrol. Maka itu, amat penting mengetahui efek samping tiap pengobatan yang dikonsumsi, agar terhindar dari efek samping yang tidak diinginkan, seperti kerontokan.

Sering terpapar panas

Hair dryer, pelurus rambut, pengeriting rambut serta berbagai alat dengan panas lainnya adalah andalan bagi banyak perempuan.  Namun, alat-alat tersebut membuat batang rambut semakin tipis, dan rawan patah.

Maka itu sebaiknya atur pemakaian alat-alat panas ini agar tidak terlalu sering. Atau jika kamu ingin mengeringkan rambut secara cepat, gunakan mode angin dingin pada hair dryer sehingga tidak terpapar panas. Selain itu kamu juga bisa menggunakan produk pelindung rambut dari panas.

Tidak memerhatikan makanan

Kekurangan beberapa nutrisi dapat menyebabkan rambut rontok. Nutrisi tersebut antara lain adalah protein, besi, vitamin B, zinc dan selenium.  Walau hal ini jarang ditemukan, namun tetap dapat menjadi salah satu penyebabnya.

Perhatikan kandungan vitamin dalam makanan kamu mulai sekarang, bila ingin lebih pasti, konsultasikan dengan ahli gizi.

Perubahan warna rambut yang drastis

Perubahan warna rambut yang drastis biasanya menggunakan bahan kimia yang amat keras. Hal ini yang membuat rambut menjadi lebih lemah, dan rentan patah. Maka itu, mengubah drastis warna rambut dari gelap menjadi terang atau sebaliknya, sangat tidak disarankan.

Jika kamu ingin mengubah warna rambut, coba mulai dari 1 atau 2 warna turunan rambut kamu. Jika rambut kamu tidak bereaksi dan tidak berubah menjadi lebih tipis, kamu bisa mengubahnya lagi menjadi warna yang lebih drastis. Namun pastikan, kamu selalu melakukan perawatan ke salon dan tenaga profesional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here